Monday, 3 Jumadil Akhir 1439 / 19 February 2018

Monday, 3 Jumadil Akhir 1439 / 19 February 2018

Pencari Kerja Meningkat Usai Lebaran

Selasa 12 August 2014 13:00 WIB

Red:

TANGERANG — Pasca-Lebaran 2014, pelamar kerja yang membuat kartu kuning di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Tangerang mengalami peningkatan sekitar 20-30 persen dari hari biasanya.

"Ada peningkatan, tapi tidak terlalu signifikan. Jumlah pelamar sejak pelayanan Disnaker buka hari Senin (4/8), ada sekitar 707 orang, meningkat sekitar 20-30 persen dari hari biasa yang sekitar 100-150 orang per hari," kata Kabid Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja Disnaker Kota Tangerang Mahdiar, akhir pekan lalu.

Mahdiar menambahkan, meningkatnya pelamar kerja usai Lebaran adalah tren tiap tahun. Penyebabnya, menurut dia, biasanya karena banyak perusahaan membuka lowongan setelah Lebaran. "Kadang ada juga yang sudah punya pekerjan, tapi ingin coba cari pekerjaan lagi. Hal lainnya mungkin warga yang belum mempunyai pekerjaan memanfaatkan momentum setelah Lebaran untuk mencari kerja. Tapi, jumlahnya tidak sebanyak setelah lulusan sekolah," ungkapnya.

Mahdiar mengatakan, dari pelamar kerja tersebut, yang merupakan warga pendatang hanya sebagian kecil. Pasalnya, Disnaker tidak bisa melayani pembuat kartu kuning jika tidak memiliki KTP Kota Tangerang. Jika menggunakan e-KTP, pelamar itu pun harus dilengkapi surat keterangan pengantar. rep:c80 ed: dewi mardiani

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA