Sabtu 09 Aug 2014 18:00 WIB

Kesempatan Kedua Jacobs

Red: operator

Jacobs dan Fletcher sama-sama berharap meraih tiket melawan petinju terbaik kelas menengah saat ini, Gennady Golovkin.

Daniel Jacobs sedang meringkuk di rumah sakit saat ia mendengar rencana pembangunan arena tinju di kampung halamannya di Brooklyn, New York, Amerika Serikat (AS). Saat itu, awal tahun 2011, Jacobs menjalani perawatan intensif kanker tulang.

Mendengar rencana pembangunan arena tinju tersebut, motivasi Jacobs untuk sembuh dari kanker kembali bangkit. Ia bertekad kembali ke ring dan meraih sabuk juara dunia di kampung halaman.

"Saya akan meraih impian saya di rumah sendiri. Keluarga dan teman-teman saya akan berada di arena itu," ujar Jacobs awal pekan ini, seperti dilansir Huffington Post.

Sabtu (9/8), Jacobs akan berhadapan dengan Jarrod Fletcher untuk memperebutkan gelar juara kelas menengah WBA yang tak bertuan. Jacobs berada dalam posisi favorit setelah kesuk- sesannya berjuang melawan kanker. Namun, petinju berusia 27 tahun itu tak mau jemawa menghadapi Fletcher yang pernah memenangi medali emas Commonwealth Games 2006.

Impian Jacobs untuk meraih sabuk juara dunia di AS sebenarnya hampir terwujud ketika gelar WBO lowong pada 2010. Sayang, sepekan sebelum duel melawan petinju Rusia, Dmitry Pirog, nenek Jacobs meninggal dunia. Dalam kondisi berkabung, Jacobs yang lebih difavoritkan tumbang pada ronde kelima oleh Pirog.

Jacobs mengaku telah melupakan kekalahan pahitnya dari Pirog. Kali ini, ia tak ingin menyia-nyiakan kesempatan kedua yang datang kepadanya. Jacobs berharap bisa mendapat tiket untuk melawan petinju terbaik kelas menengah saat ini, Gennady Golovkin, dengan kemenangan atas Fletcher. "Saya telah melewati perjuangan yang berat untuk berada di sini sekarang," tuturnya.

Uang akan menjadi motivasi utama Fletcher pada duel di Barclays Center nanti. Petinju berpaspor Australia ini mengaku tengah membutuhkan uang untuk kedua anaknya yang mulai beranjak besar. "Tinju tidak menghasilkan banyak uang kecuali Anda telah berada di puncak," ucapnya.

Fletcher bertekad menjadikan duel kontra Jacobs sebagai awal petualangannya di dunia tinju papan atas dunia. Seperti halnya Jacobs, Fletcher juga berharap bisa menghadapi Golovkin jika menang pada pertandingan nanti. "Saya telah menunggu sekian lama dan kini saatnya saya mencatatkan sejarah," ujar Fletcher menjelaskan.

rep:adi wicaksono ed:endro yuwanto

JARROD FLETCHER

Lahir : Australia, 20 Oktober 1983

Tinggi : 180 cm

Jangkauan : 180 cm

Gaya : Ortodoks

Rekor penampilan:

16 menang (10 KO), 1 kalah

DANIEL JACOBS

Lahir : New York, Amerika Serikat, 3 Februari 1987

Tinggi : 185 cm

Jangkauan : 185 cm

Gaya : Ortodoks

Rekor penampilan:

27 menang (24 KO), 1 kalah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement