Jumat 05 Dec 2014 13:00 WIB

UNS Jadi Model Green Campus di Indonesia

Red:

Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo akan dijadikan model pelaksanaan green campus di Indonesia oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"UNS mendapatkan penghargaan sebagai perintis kampus berwawasan lingkungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan," kata Rektor UNS Ravik Karsidi di Solo, Selasa (2/12).

Penghargaan tersebut telah diberikan pada Sabtu (29/11) di Wonogiri, bertepatan dengan Hari Penanaman Pohon dan Gerakan Penanaman satu miliar pohon. Penghargaan tersebut diserahkan  Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya. UNS dinilai sebagai perintis kampus berwawasan lingkungan sejak ditetapkan sebagai pilot project green campus di Indonesia bersama beberapa kampus lain, yakni Universitas Patimura, Universitas Mataram, Universitas Cendrawasih, dan Universitas Hasanudin.

Ravik mengatakan, UNS dinilai paling berhasil dalam melaksanakan program green campus dibandingkan perguruan tinggi lain yang dijadikan pilot project tersebut. Karena itu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyatakan UNS akan dijadikan model pelaksanaan green campus di Indonesia. UNS juga telah memperoleh peringkat UI Green Matric ranking tujuh untuk kampus Indonesia yang ramah lingkungan. Komitmen UNS dalam program kampus ramah lingkungan didasarkan pada kriteria yang termuat dalam regulasi UUPLH Nomor 32 Tahun 2009.

Berdasarkan kriteria dalam regulasi UUPLH tersebut, UNS telah membangun beberapa fasilitas guna mendukung pelaksanaan green campus, di antaranya pembangunan pedestrian yang mengitari kampus. Menyusun Amdal kawasan, penghematan energi dalam bentuk perubahan lampu listrik menjadi LED, waduk penampungan air, tools sosialisasi kampus ramah lingkungan, dan UNS telah menghibahkan sebagian lahan 0,1 hektare kepada Pemkot Surakarta untuk mendukung urban foresty.

Pencanangan kampus bebas rokok dan kapasitas daya dukung pendidikan sudah dimulai untuk mengurangi penggunaan kertas, seperti fotokopi bolak-balik. Saat ini UNS juga sedang menyusun pedoman penataan dan pemanfaatan bangunan yang berorientasi kepada kampus hijau. n antara ed: hiru muhammad

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement