Ahad 24 Aug 2014 15:16 WIB

Diguyur Es Seember untuk Amal, Siap?

Red: operator

Seorang selebritas tampak berdiri seraya mengangkat ember besi. Tidak lama, dia pun menggu yur dirinya sendiri dengan isi ember yang ternyata merupakan air es. Setelah itu, dia akan menantang te mannya yang lain untuk melakukan hal serupa. Inilah aksi yang belakang an terus merebak dan menjalar cepat di seluruh dunia: Ice Bucket Challenge (IBC) alias tantangan ember es atau sering juga disebut ALS Ice Bucket Challenge.

Aksi mengguyur seember es ke atas kepala tersebut bertujuan untuk membangkitkan kesadaran terhadap penyakit amyotrophic lateral sclerosis (ALS) atau yang kerap disebut penyakit Lou Gehrig dan mendorong amal untuk riset penyakit tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto:nydailynews.com

 

ALS sendiri adalah penyakit yang bisa menyerang seluruh sel saraf tubuh manusia. Ketika terkena ALS, lengan, kaki, dan wajah bakal sulit untuk digerakkan. Tidak hanya mengganggu gerak, ALS juga bisa membuat penderitanya mengalami depresi dan mengalami gangguan dalam berpikir serta mengingat.

Maka, untuk kepentingan riset dan pe ningkatan kesadaran terhadap penya kit ini, tantangan IBC itu pun dibuat.

Tak hanya masyarakat awam, tetapi para selebritas juga beramai-ramai melakukan tantangan itu. Seper ti di lansir CNN, hampir seluruh selebritas kondang telah melakukan tantangan ini.

Bahkan, Justin Bieber me nerima tantangan itu lebih dari sekali. "Okey, inilah IBC kedua," ujar Bieber da lam se buah video di akun Instagram miliknya.

Penyanyi pop Lady Gaga termasuk salah satu selebritas yang baru saja mengunggah video IBC di Instagram.Sang penyanyi terlihat duduk diam di sebuah kursi, mengenakan jubah mandi, kemudian dia mengguyur air es itu ke atas kepalanya.Biasanya, setelah sang selebritas melakukan tantangan tersebut, dia akan menantang selebritas lain untuk menerima tantangan serupa. Selebritas lain yang telah melakukan tanta ngan ini, di antaranya Oprah Winfrey, Jennifer Lopez, Robert Downey Jr, hingga Cameron Diaz.

Presiden AS Barack Obama sempat ditantang oleh Ethel Kennedy. Tantangan untuk Obama juga datang dari Justin Bieber, LeBron James, dan Al Yankovic. Namun, Obama menolak dan memilih untuk berkontribusi pada kam panye itu dengan memberikan donasi sebesar 100 dolar AS. Mantan presiden AS George W Bush juga melakukan tantangan tersebut dan menantang Bill Clinton.

Sejak pertengahan 2014, IBC telah menyebar di media sosial dan menjadi fenomena budaya pop, khususnya di AS. Menurut The New York Times, khalayak mulai membagikan lebih dari 1,2 juta video di Facebookantara 1 Juni hingga 13 Agustus dan melakukan mention fenomena ini lebih dari 2,2 juta kali di Twitter sejak 29 Juli.

Rupanya, kampanye ini terbilang berhasil karena perlahan masyarakat pun mulai memahami penyakit ALS.Selain itu, Asosiasi ALS kini menerima lebih dari 41,8 juta dolar AS donasi dibandingkan 2,1 juta dolar AS yang diperoleh tahun lalu untuk kurun waktu yang sama.

Kendati begitu, kritikan terhadap kampanye seperti itu pun bermunculan. Ini lantaran banyak orang yang lantas lupa bahwa inti aksi tersebut, yakni donasi untuk ALS. Ada yang menyebutkan, di antara para selebritas yang melakukan tantangan, hanya Charlie Sheen dan Bill Gates yang menekankan bahwa inti aksi itu merupakan beramal.

Sedangkan, bintang lain, Pamela Anderson, menolak ikut ambil bagian dalam tantangan tersebut lantaran diduga ada penggunaan binatang dalam eksperimen riset ALS. Jadi, apakah Anda siap diguyur es seember demi beramal? ed: endah hapsari

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement