Rabu 06 Aug 2014 12:00 WIB
sosialita

Taman Digital untuk Rakyat

Red:

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, menggandeng PT Telekomunikasi Indonesia membangun taman berbasis teknologi informasi atau Taman Digital di kawasan objek wisata Pantai Boom. Taman ini dilengkapi sebuah amphi-theatre atau panggung pertunjukan dengan akses internet tanpa kabel (Wifi).

Sejumlah fasilitas taman yang bisa dimanfaatkan warga dalam taman tersebut, antara lain, 10 titik Wifi, arena bermain anak, lintasan joging, eco-park, pusat makanan, dan pedestrian. Dana pembangunan amphi-theatre tersebut didukung oleh Telkom,

Rancangan Taman Digital tersebut dibuat arsitek kondang Adi Purnomo dari hasil diskusi dengan sejumlah arsitek lokal dan seniman untuk mengadopsi nilai serta kearifan lokal. "Semoga Taman Digital ini bisa semakin melengkapi fasilitas di Pantai Boom sebagai salah satu destinasi wisata di Banyuwangi," kata Dirut Telkom Arief Yahya saat meresmikan taman tersebut.

Ia menambahkan, Telkom mendukung pembangunan amphi-theatre dengan dana dari program tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) sekitar Rp 1 miliar.  "Pembangunan akan dilaksanakan tahun ini juga. Awal Agustus, arsiteknya bersama pihak Telkom akan membahas detail bangunannya," ujar Arief, seperti dikutip Antara.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, keberadaan Taman Digital akan melengkapi infrastruktur pariwisata, khususnya Pantai Boom. "Jadi, selain bisa menikmati pantai, wisatawan bisa olahraga, menikmati kuliner lokal, mendapat pengetahuan di eco-park, dan sekaligus berinternet ria," ujarnya. Ed: khoirul azwar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement