Jumat 13 Jan 2017 16:00 WIB

Distribusi Tenaga Kesehatan Belum Maksimal

Red:

JAKARTA -- Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moelek mengatakan, Indonesia masih memiliki permasalahan distribusi tenaga kesehatan. Program pengiriman tenaga kesehatan ke daerah tertinggal, perbatasan, dan kepulauan masih sangat dibutuhkan.

Menurut Nila, dulu ada inpres yang mewajibkan keberadaan tenaga kesehatan di daerah. Namun, inpres tersebut sudah tidak berlaku setelah era reformasi. "Kondisi ini memicu betapa sulitnya kita melakukan pemerataan. Meski begitu, pemerataan terus kita upayakan. Sejak dua tahun lalu, Kemenkes telah mulai mengirimkan tenaga kesehatan yang bersedia mengabdi di daerah terpencil," ujar Nila dalam siaran pers, Kamis (12/1).

Program Nusantara Sehat, lanjut dia, dilakukan dalam bentuk tim. Tenaga kesehatan muda dilibatkan untuk aktif di kawasan terpencil dan terluar Indonesia.

Tim Nusantara Sehat tidak hanya mampu memberikan solusi masalah kesehatan, tapi juga membawa inovasi. Kehadiran mereka diharapkan mampu memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan.       Dian Erika Nugraheny, ed: Erdy Nasrul

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement