Senin 26 Sep 2016 18:00 WIB

BINCANG BISNIS- Arvinder Gujral, Senior Director of Business Development Asia Pacific Twitter: Cukup Tweet Saja

Red:

Ini bukan kali pertama bagi Arvinder Gujral selaku senior director of business development Asia Pacific Twitter mengunjungi Indonesia. "Ini ketiga kalinya saya bertandang, i love Indonesia," ujar Arvinder kepada Republika, Rabu (7/8) pada akhir acara kerja sama bisnis antara Twitter dan Smartfren. Meski baru tiga tahun bergabung bersama Twitter, menurut Arvinder, perusahaan yang berbasis di San Fransisco itu memberikan banyak tantangan. Terutama mengembangkan media sosial serta meningkatkan user engagement.

Bentuk dedikasi Arvinder terhadap Twitter memang belum lama. Namun, kedatangannya kali ini ke Indonesia, khusus untuk menjadi narasumber dalam acara konferensi pers bersama Smartfren. Hal tersebut penting dilakukan karena ia ingin terlibat jauh lebih dalam di Twitter.

"Saya hanya ingin menikmati profesi ini, tanpa beban apa pun," kata lelaki yang sebelumnya 17 tahun bekerja di Aircel, sebuah perusahaan telekomunikasi asal India dengan jabatan terakhir sebagai head of digital and innovation tersebut.

Sejak bergabung dengan Twitter pada 2013, ia memiliki semangat dan lingkungan baru. Meski ia tidak tahu, apakah saat ini sudah menjadi zona nyaman baginya atau tidak. Namun, ia akan tetap mengedepankan upaya maksimal dalam bekerja.

Twitter merupakan perusahaan media sosial yang cukup unik, terutama bagi Indonesia sebagai target pasar besar. Bahkan, Arvinder merasa, hanya Indonesia sebagai wakil dari seluruh negara Asia Tenggara, yang mampu mengenal Twitter dengan baik. Penggunanya juga cukup loyal dan aktif.

Indonesia tidak jauh berbeda dengan India, tempat ia dibesarkan. Bergabung bersama Twitter, menjadi keputusan tepat baginya untuk mempelajari banyak hal di dunia digital. Meski memiliki kesibukan terkait pekerjaan, Arvinder selalu menyempatkan diri untuk menghabiskan waktu melakukan kegiatan yang ia gemari. Arvinder sangat suka membaca buku, dan apabila memiliki waktu cukup banyak, ia menyempatkan bermain sepak bola.

Twitter berdiri sejak 2006 dan terkenal sebagai media sosial 140 karakter dengan sebutan tweet. Dulu pengguna bisa mengaksesnya dalam bentuk mobile SMS atau pesan singkat. Bahkan, ketika perangkat Blackberry mencuat, Twitter memiliki platform UberTwitter untuk memudahkan para pengguna mengaksesnya.

UberTwitter juga cukup populer di Indonesia sebab pengguna dengan mudahnya menulis tweet, melihat timeline, dan saling retweet. Twitter mulai populer setahun setelah dirilis, yakni tepat di acara Southwest Interactive (SXSWi) Conference.   Oleh Nora Azizah, ed: Mansyur Faqih

Twitter sudah cukup lama berdiri, le bih dari 10 tahun. Bagaimana cara Twit ter bisa bertahan sebagai salah satu media sosial terpopuler di dunia?

Satu hal mengenai Twitter dan perjalan annya, semua berkaitan dengan penggunanya. Kalau kalian melihat banyak inovasi yang dite mukan di dalam Twitter, semua dibuat para penggunanya dan semata hanya untuk para user. Inovasi serta loyalitas dari para pengguna itu menjadi kunci bertahan, bahkan hingga 20 sampai 30 tahun mendatang.

Berbicara soal Twitter, berarti kita mem bicarakan live conversation. Ini hal yang sangat humanis. Sebagai manusia, kita tak bisa lepas dari berbicara, kita perlu bercakap-cakap. Hingga saat ini, belum ada open platform yang menyerupai percakapan manusia tersebut dengan bentuk komunikasi terbuka.

Kami juga sudah memperkaya konten dengan foto dan video, yang terhubung dengan Periscope. Video menjadi konten yang banyak dikonsumsi pengguna internet saat ini. Twitter mencoba membuat para penggunanya bisa lebih fleksibel dalam menggunakan konten.

Bagaimana perkembangan Twitter dari dulu sampai sekarang? Apakah Twit ter pernah mengalami masa sulit untuk bertahan sebagai media sosial, bagaimana melewati situasi tersebut?

Kita lihat dari banyak organisasi, semuanya punya grafik tersendiri. Organisasi akan ber tum buh, kemudian stabil, dan begitu seterus nya. Namun, yang bisa membuat sebuah organisasi bertahan adalah alasan fundamental organisasi tersebut berdiri.

Ketika sebuah perusahaan mencapai titik stabil dari pertumbuhannya, itu menjadi awal dari perjalanan baru bagi perusahaan tersebut. Tiap-tiap kali mencapai titik stabil maka men jadi awal dari perkembangan perusahaan, be gitu seterusnya. Kami melihat konten video yang membuat Twitter bertahan. Terutama dengan adanya Periscope dan live video broad casting.

Konten tersebut membantu kami, tapi saya tetap tidak bisa memprediksi masa depan, se jauh mana konsumsi konten video tersebut bergerak. Tantangan terbesar kami sebagai perusahaan dalam mengemban tugas terbaik, yakni memperkenalkan Twitter kepada audiens dengan sangat baik. Lihatlah bagaimana cara audiens kami mencapai dan memengaruhi dunia untuk melakukan sebuah gerakan. Misalnya, ketika terjadi peristiwa peledakan bom di sebuah negara. Informasi begitu cepat tersebar melalui platform kami.

Apa yang membedakan pengguna Twitter di Indonesia dengan negara lain?

Indonesia merupakan crazy market, you know. Kalian seolah-olah menguasai platform kami. Ada pasar yang berpotensi untuk bisnis, tapi Indonesia benar-benar memiliki pengguna aktif.

Seperti saat Ramadhan lalu atau ketika pe rayaan hari kemerdekaan. Pengguna Indonesia tidak hanya membicakan perayaannya, tapi ju ga efek dari perayaan tersebut. Pengguna mem bicarakan hasil pemilu, kemeriahan, bahkan lalu lintas saat hari perayaan tersebut berlang sung.

Hal itu juga yang membuat kami mendiri kan kantor di Indonesia, sementara di negara Asia lainnya tidak. Indonesia pasar yang besar dari negara Asia Tenggara lain.

Menurut Twitter, bagaimana tren da ri media sosial pada masa depan?

Media sosial pada masa depan akan lebih interaktif, penyampaian informasinya akan jauh lebih cepat, serta akan mengedepankan konten dengan percakapan real time. Namun, tentu saja tetap akan mengikuti kebutuhan dan keinginan manusia.

Saat ini yang populer dalam bentuk video. Saya tidak akan tahu ke depannya bentuk konten media sosial seperti apa. Andai saya tahu, sudah saya buat dari sekarang. Yang jelas dengan banyak transformasi digital saat ini, mulai dari perangkat dan jaringan, akan berpengaruh terhadap wajah media sosial pada masa depan.

Twitter juga berpengaruh dalam me lakukan kampanye dari seluruh sektor. Entah itu sosial, lingkungan, hingga politik. Bagaimana Twitter melihat hal ini?

Ya, di dalam Twitter, kita memang bisa mem bicarakan banyak hal. Orang-orang bisa membicarakan cuaca, hobi, bola, dan lain sebagainya. Dalam ranah politik, Twitter memang menjadi platform untuk political campaign. Contoh kecil saja, banyak media massa bahkan menggunakan pernyataan para politikus atau figur publik sebagai petikan ucapan untuk ditayangkan dalam medianya.

Kecepatan tersebut yang membuat Twitter berpengaruh dalam suatu kampanye atau gerakan. Ranah politik menjadi kondisi khusus untuk menggunakan Twitter sebagai media berkampanye. Tetapi hanya di dalam Twitter juga, masyarakat bisa mendapatkan jawaban dari para politikus.

Mereka akan menjawabnya via Twitter, dan hal tersebut menjadi yang pertama kali ada dalam dunia politik. Dulu mungkin masya rakat sulit mendapat pernyataan dari para petinggi politik. Namun, dengan Twitter sudah tak mustahil lagi. Hal ini terjadi secara global, ti dak hanya di Indonesia. Hanya Twitter saja yang menjadi platform dengan open conversation.

Apa langkah dan strategi Twitter da lam mewujudkan tujuan pada masa mendatang?

Fokus kami masih mengembangkan konten video. Mayoritas pengguna kami termasuk Indonesia merupakan penyuka konten video. Konten ini cukup unik karena pengguna tidak hanya mengonsumsi dengan menonton, tapi juga melakukan live conversation.

Kami sudah mengembangkan integrasi dengan Periscope terkait hal tersebut. Kami baru saja memulai kerja sama strategis dengan jaringan Smartfren di Indonesia. Smartfren sebelumnya sudah bekerja sama dengan banyak platform, baik media sosial atau fitur obrolan. Ini menjadi pertama kalinya Twitter melakukan kerja sama dengan perusahaan jaringan di Indonesia.

Melalui kerja sama tersebut, kami mem berikan kemudahan bagi pengguna Twitter dan Smartfrem untuk mengakses konten melalui perangkatnya. Bahkan bagi penikmat video data, kami memberikan layanan kurasi video sehingga pengguna lebih mudah mendapatkan informasi sesuai kebutuhan dan keinginan.

Biasanya orang sering menanyakan, 'Apa yang bisa pengguna harapkan dari Twitter?' Namun, sebenarnya apa yang Twitter harapkan dari para pengguna nya?

Kami selalu ingin berinteraksi dengan peng guna. Jadi, jangan segan bila ingin menyam paikan sesuatu pada kami, cukup tweet kami saja. Kami juga merindukan reaksi dan respons dari para pengguna perihal keseruan membuat hashtag. Saya sebagai pengguna Twitter juga selalu ingin mengekspresikan diri melalui kicauan.    ed: Mansyur Faqih

***

Ingin Menikmati Profesi tanpa Beban

Indonesia menjadi satu di antara lima negara di dunia dengan jumlah tweet dan active user terbanyak. Berdasarkan data terakhir Twitter Indonesia, hingga akhir 20115, ada sekitar empat miliar kicauan per tahun, baik dalam bentuk teks, video, maupun foto. Hal tersebut menandakan ada sekitar 11 juta twit yang dibuat per hari.

Kemudian lebih kurang 80 persen pengguna Twitter di Indonesia melakukan akses melalui ponsel pintarnya. Pengguna Indonesia kini lebih senang mengakses konten video. Sebanyak 77 persen pengguna Twitter di Indonesia merupakan pengguna aktif, dan 80 persen di an tara nya melakukan akses konten video setiap hari.

Berdiri sejak 2006, Twitter terkenal sebagai media sosial 140 karakter dengan sebutan tweet. Twitter mulai populer setahun setelah rilis, yakni te pat pada acara Southwest Interactive (SXSWi) Conference. Sejarah Twitter memang cukup panjang untuk bertahan. Berdasarkan data ter akhir Twitter dari laman Wikipedia, pengguna aktifnya hingga Maret 2016 mencapai 310 juta.

Di Indonesia, kerja sama strategis antara Twitter dan Smartfren merupakan ben tuk konten yang sedang hangat diperbincangkan. Para pengguna Smart fren dapat mengakses Twitter lebih cepat secara real time melalui kanal digital milik Smartfren, yakni aplikasi MyApss Smartfren atau laman resminya.

Dalam pelaksanaannya, Smartfren akan mengurasi berbagai konten yang masuk ke lini masa (timeline) Twitter. Proses kurasi juga melibat kan tim khusus sehingga pengguna Smartfren, yang akan mengakses Twitter, bisa mendapatkan konten topik terhangat atau yang paling disukai.

Arvinder Gujral, senior director of Business Development Asia Pacific Twitter. Ia bercerita banyak mengenai kiprah perusahaan yang ber basis di San Fransisco, Amerika Serikat tersebut, di Indonesia. Berikut merupa kan wawancara lengkap wartawan Republika Nora Azizah dengan Arvinder di Jakarta, belum lama ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement