Rabu 11 Jan 2017 16:00 WIB

Ciri Khas Kerajinan Anyaman

Red:

Anyaman merupakan salah satu ciri dari kerajinan tradisional di Indonesia. Bahan anyaman itulah yang juga digunakan untuk membuat kerajinan tangan berbentuk tas.

Tas yang diproduksi oleh jenama (brand) Ayoeni menggunakan bahan dari kerajinan anyaman. Head of Marketing and Finance Ayoeni, Fransiska Mellita, mengatakan, merek Ayoeni mengutamakan cara buatan tangan untuk mengangkat produk asli Indonesia di tengah masyarakat lokal ataupun internasional.   

Menurut perempuan yang biasa disapa Mellita ini, Indonesia cukup dikenal dengan kerajinan anyamannya, teknik yang juga digunakan Ayoeni untuk produk-produk tasnya. Pemilihan bahan dari anyaman untuk produk tas buatan tangan Ayoeni juga menentukan ciri khas produk-produk kerajinan tangannya. "Ayoeni menggunakan anyaman dari bahan pandan dan rotan. Kedua bahan itu dipasok dari beberapa pulau di Indonesia, yaitu Jawa dan Bali," kata dia.

Dari segi pemilihan warna dan motif, Ayoeni menentukannya berdasarkan selera pasar yang tengah menjadi tren. Karena target pasarnya merupakan kalangan atas, warna yang dipilihnya pun adalah nuansa-nuansa yang menonjolkan kesan eksklusif dan mewah. Namun, dari pemilihan motif, Ayoeni tetap mengambil ciri budaya Indonesia, seperti motif bunga, daun, dan binatang khas Indonesia.

Produk jenama Ayoeni yang kebanyakan berupa clutch dan dompet dijual di beberapa lokasi perbelanjaan kelas menengah ke atas, seperti di mal Central Park dan di Alun-alun Indonesia, Grand Indonesia, Jakarta Pusat. Menurut Mellita, produk Ayoeni cocok digunakan untuk berbagai kesempatan dan situasi acara, baik untuk formal maupun informal.      rep: Retno Wulandhari, ed: Dewi Mardiani

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement