Jumat 08 Jan 2016 13:00 WIB

SM PERTAMINA ANDALKAN KEKUATAN INDONESIA UNTUK JUARA

Red: operator

REPUBLIKA.CO.ID,SM PERTAMINA ANDALKAN KEKUATAN INDONESIA UNTUK JUARA

SM tak gentar dengan tim lain yang menggunakan pemain naturalisasi.

JAKARTA--Satria Muda Pertamina akan bertarung dalam ajang Indonesian Basketball League (IBL) musim 2016 dengan mengandalkan kekuatan asli Indonesia. Saat sejumlah tim IBL lain mengambil jalan pintas untuk meng - gunakan pemain asing yang dinaturalisasi, SM tetap yakin dengan kekuatannya yang mayoritas diisi pemain mu - da lokal.

Presiden klub, Erick Thohir, memberikan alasan atas SM yang lebih memilih merekrut pemain-pemain lokal asli Indonesia daripada pemain asing.

\"Adanya skuat yang penuh dengan pemain asli Indonesia tentu saja membantu perkembangan pebasket di sini untuk bisa memajukan nama Indonesia di pentas kejuaraan internasional, terlebih sebentar lagi kita akan mengadakan Asian Games,\" ujar Erick dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (7/1).

Menurut Erick, Indonesia sejatinya memiliki banyak talenta muda di lapangan basket. SM selaku salah satu klub basket terbesar Indonesia berkewajiban untuk membina para pemain muda itu.

\"Saya tidak memungkiri bahwa ini adalah era globalisasi, tetapi alangkah lebih baiknya mengedepankan bakat- bakat muda yang ada di Tanah Air,\" ujar Erick.

 
Peraturan dalam Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) pun menegaskan hanya mengizinkan pemain naturalisasi atau asing di atas 16 tahun untuk membela salah satu tim. \"Sa ya tidak menolak era globalisasi, te tapi jika semua tim dikuasai oleh pemain asing, mau dibawa ke mana bakat-bakat pebasket Indonesia? Kita harus selalu mempertimbangkan banyak hal untuk mengambil keputusan dan saya lebih memilih membina bakat muda di sini untuk kemajuan bola basket itu sendiri,\"
ujarnya.

Walau begitu, SM Pertamina tak gentar dengan adanya regulasi penggunaan pemain naturalisasi. Juara na - sional sembilan kali itu optimistis dengan materi pemain lokalnya yang tak kalah bersaing dengan tim lain.

Saat ini, setidaknya telah ada enam pemain muda baru SM yang siap memperkuat tim untuk menggantikan peran Erick Sebayang dan Bonanza Siregar. 

Mereka adalah Yosua yang musim lalu membela Satya Wacana Salatiga, Ha ris Abraham, Sandy Ibrahim, Audy Ba gastyo Arizanugra, Juan Laurent Kokodputro, dan M Surya Jayadiwangsa yang berstatus sebagai pemain rookie.

Selain materi baru, Satria Muda kali ini hadir dengan logo baru. Menggandeng salah satu perusahaan terbesar nasional, Pertamina, SM siap bertarung demi mempertahankan gelarnya.

Kombinasi pemain senior, seperti Christian Ronald Sitepu (kapten) dan Rony Gunawan dengan para rookieju - nior, diyakini akan menjadi solid un tuk menambah kekuatan mereka pada musim baru.

\"Cukup sulit mencari chemistrydari pemain senior ke muda ataupun sebaliknya. Butuh proses yang panjang menyatukan hal itu, tapi saat ini kami rasa para pemain telah menunjukkan sikap profesionalitasnya dengan selalu bekerja sama untuk menjadi yang terbaik bagi tim,\" jelas pelatih SM, Cokorda Raka Satrya Wibawa.

Menambahkan pernyataan sang pelatih, pemain senior SM, Rony Gunawan, mengatakan bahwa para senior akan terus membagi pengalaman dengan sang junior. \"Kita akan terus menyatu dengan mereka, baik tua maupun muda,\" ujar pemain berusia 33 tahun ter sebut. Ic17 (ed:abdullah sammy)

Pertamina Sokong Satria Muda di IBL

ISRAR ITAH 

JAKARTA--Satria Muda tampil dengan penyokong baru pada kompetisi Indonesian Basketball League (IBL). Setelah 12 tahun berkolaborasi dengan BRI dan meraih sembilan gelar juara liga, Satria Muda kini menjalin ker ja sama dengan Pertamina.

Pertamina akan menjadi sponsor uta ma Satria Muda selama enam tahun ke depan. Kerja sama ini membuat Satria Muda akan menggunakan nama Satria Muda (SM) Pertamina.

 
VP Retail Fuel Marketing Pertamina Affandi mengatakan, kerja sama ini diharapkan bisa mengembangkan ke - dua belah pihak menjadi lebih baik.

\"Kami ingin mengembangkan merek Pertalite bersama Satria Muda pada tahun ini. Misalnya, akan ada pro - gram kerja sama agar konsumen kami bisa menyaksikan Satria Muda saat ber tanding,\" kata dia dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (7/1).

Manajer Satria Muda Pertamina Riska Natalia berharap, kerja sama ini bisa semakin meningkatkan performa tim. Apalagi, Satria Muda Pertamina tidak akan menggunakan pemain na - tu ralisasi seperti sejumlah tim lain pada IBL musim 2016. \"Target kami tetap memperta han kan juara yang diperoleh tahun lalu,\" kata dia.

Selain Pertamina, Satria Muda juga mendapatkan dukungan dari Batik Pria Tampan, ban Achilles, Li Ning, PT Wahana Makmur Sejati, Gold Gym, dan Hanamasa. \"Semoga dukungan ini membuat kami lebih baik lagi,\" kata Riska.

Sementara itu, pemain Satria Muda Pertamina terus melakukan persiapan guna melakoni laga pembuka IBL melawan M88 Aspac Jakarta pada Sabtu (9/1), pukul 18.00 WIB.

Riska mengatakan, berbagai persiapan pun telah dilaksanakan untuk bisa mengawali liga dengan baik. 

\"Kami telah melakukan jadwal latihan yang disesuaikan, pagi dan sore untuk menjaga kestabilan para pemain. Kemarin pun kami mencoba partai-partai uji coba melawan tim lain untuk persiapan IBL 2016 yang sedikit lagi bergulir,\" kata perempuan yang akrab disapa Baby itu.

Sejauh ini, para pemain SM dalam kondisi fit dan tidak ada yang mengalami cedera. Dalam persiapan mela - wan Aspac, Riska menambahkan, timnya sudah banyak melakukan perubahan serta pembenahan setelah tur - namen pramusim akhir tahun lalu.

\"Kami telah melakukan pem benah an untuk menutupi kelemahan dalam tim. Hal itu dilakukan setelah turnamen pramusim di Bandung itu, kita mengukur kekuatan tim lain dan akhir nya melakukan pembenahan pada sektor pertahanan,\" sambung nya.

Riska mengakui masih banyak pekerjaan rumah (PR) bagi SM yang harus dikerjakan untuk menjadi lebih baik lagi.

Namun, fokus utama SM saat ini adalah membentuk defenseyang kuat dan sulit ditembus. Apalagi, As pac memiliki pencetak poin tangguh dan cukup kuat.

Seperti diketahui, SM Pertamina pa da jeda musim ini menjadi tim yang tidak banyak melakukan pergerakan di bursa transfer pemain. Ketika tim lain sibuk mencari pemain naturulisasi, SM lebih percaya dengan pemain muda asli Indonesia. (c17, ed:abdullah sammy)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement