Selasa 14 Aug 2012 15:53 WIB

Pangandaran: Sajian Wisata Lengkap Dalam Satu Tempat (2-Habis)

Pantai Pasir Putih.
Foto: PicnicHolic
Pantai Pasir Putih.

 

Cagar Alam Pananjung

Dalam artikel sebelumnya (Baca: Pangandaran: Sajian Wisata Lengkap dalam Satu Tempat (1)), Pangandaran memiliki tempat wisata paling lengkap. Tidak hanya bentangan pantai saja, namun juga cagar alam di mana terdapat banyak gua alam maupun yang dibuat pada masa penjajahan Jepang.

Taman Wisata Alam (TWA) Pangandaran atau terkenal dengan sebutan Cagar Alam Pananjung, merupakan hutan sekunder yang berusia 50-60 tahun dengan luas +530 hektar. Selain menghadirkan keindahan, Cagar Alam Pananjung menyimpan kekayaan alam flora dan fauna khas hutas tropis. Inilah rumah bagi berbagai satwa yang keberadaannya mudah kita temukan, seperti: monyet ekor panjang, rusa, lutung, banteng, biawak, landak, serta berbagai jenis ular dan burung.

Di dalam cagar alam ini terdapat gua-gua yang bisa kita jelajahi, di antaranya: Goa Lanang, Gua Parat, Gua Jepang, Gua Panggung, dll. Begitu luasnya Cagar Alam Pananjung ini, kami menyarankan anda untuk menyewa pemandu wisata saat berkunjung. Selain menambah pengetahuan, juga menghindarkan kita dari kemungkinan tersasar di area ini. 

Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih mengelilingi Cagar Alam Pananjung. Pasirnya yang putih bersih dan lembut menghadirkan pemandangan lansekap yang indah.

Di Pantai Pasir Putih, kita bisa berenang ataupun snorkeling. Alat snorkeling pun bisa kita sewa di sana. Pemandangan bawah lautnya mampu memanjakan mata kita.

Walaupun pernah terjadi tsunami di kawasan ini, namun keberadaan ikan yang warna warni masih dapat kita jumpai. Untuk sekadar leyeh-leyeh, Pantai Pasir Putih bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Sungai Citumang

Sungai cantik yang membelah hutan jati ini, memiliki warna sungai seperti di Green Canyon (Baca: In Picture: Body Rafting ala Green Canyon, Rasakan Sensasinya). Karena kejernihannya, batu-batu cadas yang ada di sungai tersebut terlihat jelas.  

Berenang di Citumang menghasilkan sensasi sendiri. Airnya yang sejuk, mampu menyegarkan tubuh kita dan memberikan kesan relaksasi. Permukaan sungai yang berundak-undak, menciptakan air terjun kecil yang bisa kita manfaatkan untuk memijat tubuh kita.

Bagi para fotografer, Sungai Citumang bisa jadi merupakan obyek yang menarik. Alirannya yang jernih, bersanding dengan batu cadas dan pepohonan, mampu menciptakan lukisan alam yang natural. Tak ada alasan untuk tidak mengunjungi Sungai Citumang, jika Anda sudah ada di Pangandaran.

Nyanyu Partowiredjo, pelaku wisata
[email protected]




Rubrik ini bekerja sama dengan PicnicHolic

www.picnicholic.webs.com

@PicnicHolic

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement