Jumat 22 Sep 2017 06:42 WIB

Cara Pramuka Promosikan Indonesia Ini Diapresiasi

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Hazliansyah
Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault menunjukan tiga foto bersejarah dengan spanduk Pancasila, Dasa Darma Pramuka, Visit Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika di Pegunungan Alpen, Eropa Barat.
Foto: pramuka
Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault menunjukan tiga foto bersejarah dengan spanduk Pancasila, Dasa Darma Pramuka, Visit Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika di Pegunungan Alpen, Eropa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- TNI Angkatan Udara mengapresiasi langkah Pramuka dan Vanaprastha yang mengabadikan spanduk bertuliskan Pancasila, Dasa Darma Pramuka, Bhinneka Tunggal Ika dan Visit Indonesia di Pegunungan Alpen Eropa Barat.

"Alhamdulillah contoh generasi muda yang dapat berbuat suatu hal yang membanggakan pribadi, keluarga dan NKRI," demikian tulis @_TNIAU, Senin (18/9).

Apresiasi juga disampaikan oleh pelaku pariwisata di Provinsi Bali, Rainier H Daulay, yang juga Wakil Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (BPP PHRI).

Rainier Daulay mengatakan, saat kita berfoto di suatu tempat, kita sudah mempromosikan daerah tersebut. Namun Pramuka berbeda, mereka justru mengabadikan gunung-gunung di pegunungan Alpen dengan bendera merah putih, spanduk Pancasila, Dasa Darma Pramuka, bahkan membuat video visit Indonesia.

"Berdasarkan pengalaman saya puluhan tahun di dunia pariwisata, wisatawan yang datang ke suatu negara dengan tujuan khusus (special interest) biasanya berkantong tebal. Tujuan khusus tersebut misalnya naik Gunung. Karenanya gunung-gunung di Indonesia harus dipromosikan. Namun sebelumnya pengelolaanya harus membuat setiap wisatawan aman dan nyaman. Kita menunggu rekomendasi dari Pramuka, mari gotong-royong membantu Pemerintah agar target 20 juta wisatawan ke Indonesia pada 2019 terwujud," jelas Rainier H Daulay.

Sebelumnya, di KBRI Prancis (14/9), Wakil Dubes RI untuk Prancis, Agung Kurniadi mengatakan bahwa Pramuka dan Vanaprastha adalah yang pertama kali mengabadikan pegunungan Alpen dengan spanduk Dasa Darma Pramuka, Pancasila, Visit Indonesia. Ia berharap kolaborasi ini dapat diikuti oleh organisasi-organisasi lainnya.

Diketahui Ahad (3/9) hingga Jumat (15/9) lalu digelar program ekspedisi bertajuk Bank Rakyat Indonesia Gerakan Pramuka Vanaprastha untuk Merah Putih.

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault menjelaskan, selain mengibarkan bendera Merah Putih, tim ekspedisi yang dipimpinnya juga mengabadikan gunung Grands Montets (Perancis), Eiger (Swiss), Gran Paradisso (Italia), Pointe Lachenal (Perancis) dengan spanduk Pancasila, Dasa Darma Pramuka, Visit Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika.

Dua fokus utama Program ini adalah Promosi Indonesia Pada Puncak-Puncak Dunia (PIP3D) dan perumusan rekomendasi untuk pengelolaan wisata pegunungan di Indonesia. Setelah ini kita selenggarakan lokakarya untuk perumusan rekomendasi.

"Terima kasih kepada Bank Rakyat Indonesia yang mendukung penuh kegiatan ini," kata Adhayksa.

Tim juga membuat video dengan bahasa Inggris berisi ajakan kepada seluruh warga dunia untuk datang ke Indonesia. Video dapat dilihat di tautan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement