Ahad 01 Jan 2017 21:26 WIB

Salam UI dan LDF se-UI Tuntaskan Amanah 2016

Red: M.Iqbal
Jajaran pengurus Salam UI 20 berfoto dalam rangkaian Memoar Salam UI 19 di Depok, Jawa Barat, pekan lalu.
Foto: Dok Salam UI
Jajaran pengurus Salam UI 20 berfoto dalam rangkaian Memoar Salam UI 19 di Depok, Jawa Barat, pekan lalu.

REPUBLIKA.CO.ID,Nuansa Islam Mahasiswa (Salam) Universitas Indonesia (UI) bersama seluruh Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) se-UI menutup seluruh rangkaian aktivitas syiar Islam masa amanah 2016 dengan mengadakan Memoar Lembaga Dakwah se-UI di Balai Sidang Djokosoetono FHUI, Depok, Jawa Barat, Selasa (27/12) kemarin. Acara ini dihadiri oleh seluruh pengurus Lembaga Dakwah se-UI beserta tamu undangan yang terdiri dari beberapa pihak diantaranya perwakilan dari Gamais ITB dan beberapa tokoh kampus dan nasional.

Memoar Lembaga Dakwah se-UI terdiri atas beberapa rangkaian acara utama, diantaranya laporan capaian syiar Salam UI dan LDF se-UI oleh Rangga Kusumo (Ketua Salam UI 19) dan beberapa special speech dari sejumlah pembicara antara lain Banu Muhammad, S.E., MSE (Pembina Salam UI), Rosmalita, S.Sos., M.Si (Kasubdit Kesejahteraan Mahasiswa UI), Ustaz Arsalsjah (Ketua Salam UI '99), M. Syukron Muchtar (Ketua Puskomda FSLDK Jadebek), dan Dr Heru Susetyo, S.H., LL.M., M.Si (Dosen FH UI, Aktivis Kemanusiaan). Para tokoh tersebut menyampaikan beberapa masukan berharga bagi Salam UI dalam berbagai sisi, diantaranya peran Salam UI bagi almamater, isu kemanusiaan internasional, dan peran di kancah nasional

Dalam penjelasannya mengenai capaian Salam UI dan LDF se-UI selama 2016, Rangga Kusumo menyampaikan tiga poin penting, yaitu pada syiar Alquran, isu kemanusiaan, dan peran di kancah internasional.

"Alhamdulillah telah tercapai indikator keberhasilan berupa penyelenggaraan UI Quranic Olympiad yang merupakan syiar Alquran terbesar di UI dengan baik. Hal lain, Salam UI mampu responsif dan selalu terlibat dalam perjuangan isu kemanusiaan seperti Rohingya dan Aleppo, serta isu-isu kebangsaan seperti fenomena LGBT, terorisme, penistaan agama dan kerukunan antarumat beragama. Salam UI juga berkesempatan untuk memperluas jaringan di level Asia dengan berpartisipasi di International Youth Gathering (IYG) di Turki Agustus 2016" ujar Rangga.

Momen terpenting lain dalam acara ini adalah Pengumuman Ketua Salam UI 20 terpilih oleh Ketua Majelis Syuro Salam UI 19. Ditetapkan Fahrudin Alwi, Mahasiswa FIB UI 2013 sebagai Ketua Salam UI 20 terpilih. Didin (sapaan akrab Fahrudin Alwi) sebelumnya menjabat sebagai ketua Lembaga Dakwah Fakultas, Formasi FIB UI 2015. 

Sebelumnya proses suskesi Ketua Salam UI 20 telah melalui tahapan eksplorasi publik sebanyak empat kali, yaitu tiga kali di rumpun (Soshum, Saintek dan Kesehatan) dan Asrama UI. Lebih lanjut, Rangga mengatakan, Salam UI dan LDF se-UI adalah bagian dari bangsa. 

"Semoga ke depan bisa terus memberi kontribusi nyata bagi UI sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia dan peran nasional sebagai salah satu barometer lembaga dakwah kampus di Indonesia," kata Rangga.

 

sumber : Rilis Pers
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement