Sabtu , 03 Sep 2016, 16:15 WIB

KorpriMart di Sumsel Jadi Bukti Korpri Masih Eksis

Red: Dwi Murdaningsih
Antara/Zabur Karuru
Sejumlah anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) mengikuti upacara peringatan HUT ke-44 Korpri di Lapangan Makodam V/Brawijaya Surabaya, Jawa Timur, Senin (30/11).
Sejumlah anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) mengikuti upacara peringatan HUT ke-44 Korpri di Lapangan Makodam V/Brawijaya Surabaya, Jawa Timur, Senin (30/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional Korpri Zudan Arif Fakrulloh tambah bersemangat melihat perkembangan organisasi yang dia pimpin. Mulai banyak ide-ide kreatif yang lahir dari anggotanya, baik di pusat maupun di daerah. Salah satu contoh konkretnya dan masih gres adalah kehadirkan KorpriMart, sebuah minimarket di Sumatera Selatan yang digagas Gubernur Alex Noerdin.

Toko serba ada ini sudah diresmikan 31 Agustus 2016, dan menjadi salah satu bukti tekat anggota Korpri untuk semakin eksis di zaman yang semakin kompetitif. Anggota Korpri melakukan kegiatan kreatif yang secara internal bisa menaikkan kesejahteraan anggota, secara eksternal menaikkan confidence sebagai pegawai yang professional.

“Kami apresiasi spirit Gubernur Alex Noerdin yang mewujudkan ide KorpriMart itu. Dan kami setuju, harus dikelola secara professional, kreatif, maju dan bisa bersaing dengan minimarket lain yang sudah memiliki jaringan distribusi yang luas. Kami yakin, Korpri bisa melalukan itu semua dengan baik jika dikelola secara serius sebagaimana korporasi,” kata Zudan Arif Fakrulloh.

KorpriMart atau toko serba ada milik Korpri ini adalah sebuah kreasi. Tantangannya adalah  bagaimana menjalankan ide besar itu menjadi unit usaha yang menghasilkan profitabilitas yang baik, berkembang dan ujungnya memberikan benefit kepada anggotanya. "Saya yakin, Korpri bisa!” ujar Zudan.

KorpriMart dilengkapi dengan Kafe Sehat, Full Gizi Nabati serta Klinik Pratama Korpri dan berada di halaman Gedung Koperasi Binapraja Sumsel, Palembang.

“Saya ingin KorpriMart terus dikembangkan di seluruh wilayah Sumsel. Untuk Kota Palembang, Pemprov Sumsel masih memiliki banyak lahan strategis dan bisa dimanfaatkan sebagai toko KorpriMart,” kata Alex Noerdin.

Dengan begitu, Korpri akan maju sebagaimana para professional dan business mengembangkan usahanya. “Kita sudah punya modal besar. Tempat sudah punya di lokasi yang strategis di dalam kota. Anggota juga sudah banyak, dan terdaftar dengan jelas. Jadi tinggal pengelolaan yang professional aja!” kata Alex.

Alex meminta agar anggota Korpri tidak berkecil hati dengan situasi sulit akibat perombakan APBN-P 2016 ini. Dia berusaha mengubah mindset dari sebuah persoalan menjadi tantangan. Dan KorpriMart adalah wujud dari menjawab tantangan yang berada di depan mata. “Hanya dengan kreasi dan inovasi, semua problem negara ini akan selesai. Korps Pegawai Aparatur Sipil Negara ini juga harus bisa menjadi contoh yang baik,” kata dia.

Alex cukup menyadari, persaingan bisnis ritail itu cukup berat. Dia juga melihat pertumbuhan mini market di Kota Palembang juga cukup pesat. Alex mengungkapkan, peluncuran KorpriMart dengan menggandeng 14 mitra kerja Korpri Sumsel mulai dari perbankan, Bulog, dan distributor lainnya merupakan. Inilah kolaborasi yang bagus, dengan menyediakan produk kualitas terjamin dan harga yang lebih murah. "Pertanyaan saya kenapa baru sekarang? Harusnya KorpriMart sudah dilakukan sejak dulu! It’s ok. Tapi tidak masalah, lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali," kata Alex.