Sabtu , 16 Jul 2016, 09:06 WIB

Digital Content Sedang Berpesta di Viral Fest Asia 2016, Apa Sih Itu?

Red: Dwi Murdaningsih
Republika/Agung Supriyanto
Menteri Pariwisata, Arief Yahya (Republika/Agung Supriyanto)
Menteri Pariwisata, Arief Yahya (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Para digital content sedang berpesta di Viral Fest Asia 2016 di Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali yang dimulai Jumat malam. Bagi Menteri Pariwisata Arief Yahya, digital sudah menjadi menu wajib setiap hari sejak menjabat sebagai Dirut PT Telkom Indonesia.

"Saya senang berada di tengah-tengah para digital influencer dan artis ternama yang sangat populer di media sosial se Asia di Bali. Kalau ditotal, jumlah penggemar atau friends, followers, yang menyimak mereka itu lebih dari 150 juta pasang mata, 60 persen lebih dari jumlah penduduk Indonesia. Dan mereka semakin tertanam image Wonderful Indonesia," kata Menpar Arief Yahya.

Ajang itu dimanfaatkan untuk mempromosikan Pesona Indonesia. Menurut dia, melalui forum ini, konten Wonderful Indonesia masuk dalam pusaran arus viral medsos dunia. Mirip seperti ikan badut Nemo yang masuk dalam pusaran raksasa, dan tiba-tiba sampai serambi Opera House di pantai Sydney Australia saja.

"Viral Fest Asia 2016 ini akan menjadikan Indonesia sebagai pusat perhatian bagi pembuat content creative dan jsaha yang terkait dengan media, penyiaran, talent management, musik, video, film, animasi se-Asia. Terima kasih telah memilih Bali, karena Pulau Dewata ini dikenal eksotik, dan memiliki warisan budaya yang masih lestari dan indah," ujar dia.

Media global yang ikut di momentum ini diantaranya Youtube. Media Cina yang hadir adalah MeiPai, RenRen, QF.Com.Cn, dan lainnya. Juga MiVoTv, situs media tv online nomor 1 di Indonesia. Lalu artis-artis dari Cina, Korea, Jepang, Taiwan, dan Indonesia juga bergabung di Viral Fest 2016 yang merupakan event pertama kali ini.

Pemuteran Bali Raih Posisi 7 Destinasi Wisata Terbaik di Asia

CEO dari perusahaan-perusahaan broadcasters, agencies, telco, media PR, investors, digital platforms, bakal hadir di Bali. "Ini kesempatan emas bagi Wonderful Indonesia untuk menancap lebih dalam!" tutur Arief Yahya.

Undangan Fred Chong, CEO Grup WebtvAsia bersama Youtubers se Asia, itu berpotensi menjadi komunitas endorser untuk Wonderful Indonesia. Objek keindahan alam, keragaman budaya, tradisi, adat istiadat, kesenian dan sebagainya adalah kekuatan atraksi peiwisata Indonesia. Dengan mudah, objek video itu bisa membuat orang lain terpikat dan menjadi promosi yang efektif.

Karena itu, selain dekat dengan para fotografer dan reporter atau blogger yang hobi membuat report di personal web mereka, Arief Yahya merasa perlu kenal secara akrab dengan para pembuat dan up loader youtube dan platform video di medsos. "Community youtubers ini juga bagian dari C dalam pentahelix, salah satu kunci sukses promosi dan pengembanvan pariwisata juga. Pentahelix itu adalah kolaborasi aktif antara Academician, Business, Community, Goverment dan Media," kata dia.