Jumat 16 Jan 2015 21:39 WIB

Mengabadikan Pernikahan Jawa di Melbourne dan Sydney

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Awalnya adalah ketertarikan terhadap kebudayaan dunia yang kemudian membuat pasangan asal Indonesia, Adrian Suharto dan Stania Puspawardhani mengabadikan kenangan pernikahan mereka di Australia. Caranya dengan mengenakan busana tradisional Jawa dengan latar belakang dua kota terkenal di Australia, Melbourne, dan Sydney.

Dalam keterangan mereka kepada ABC Australia Plus Indonesia baru-baru ini, keduanya mengatakan sejak kecil sama-sama antusias terhadap bahasa asing, suka membaca mengenai politik dunia dan senang melancong ke berbagai tempat.

Mereka berteman baik saat masih kuliah di Institut Teknologi Bandung, keduanya aktif di unit  kegiatan debat pada Student English Forum ITB. Adrian yang kini bekerja sebagai manajer di perusahaan multinasional di Singapura bertemu kembali dengan Stania yang menjadi diplomat dan sepakat untuk melangsungkan pernikahan pada akhir tahun 2014.   

Pengambilan foto untuk pernikahan mereka dilakukan di dua kota di Australia, yaitu di Melbourne dan Sydney. Fotografer mereka saat di Melbourne, Windu Kuntoro menyarankan memakai busana tradisional Jawa dengan lokasi di pusat Kota Melbourne dan Brighton Beach.

Sejumlah warga  Melbourne tertarik dengan busana yang dipakai  "Apakah ini untuk mengikuti Deepavali?" tanya mereka, mengira busana yang dipakai adalah untuk perayaan festival bagi warga India. Mereka kemudian menjelaskan busana yang dipakai adalah busana Jawa.  

Adrian dan Stania sempat dikira mengenakan pakaian tradisional asal India (Photo: Windu Kuntoro)

Kota kedua yang dijadikan sebagai lokasi pengambilan foto adalah di Sydney. Fotografer Karim Chan memakai latar belakang gedung Opera House yang ikonik. Warga Sydney terlihat antusias melihat pemotretan tersebut.

Di depan ikon Sydney, Gedung Opera. (Photo: Karim Chan)

Beberapa dari mereka mengucapkan selamat saat melintas. "Congratulations, Mate!" teriak mereka. Beberapa yang lain secara khusus mengatakan perasaan mereka, " I think both of you look wonderful and I wish you happy wedding." (Anda berdua tampak sangat menarik, dan selamat semoga berbahagia).

Yang menarik, ada pengunjung yang menyangka bahwa keduanya berasal dari kerajaan tertentu. "Are you royals?" tanya seorang pengunjung yang lewat.   

Pengambilan foto yang berlangsung selama dua hari itu pun, secara tak langsung, telah memperkenalkan salah satu kekayaan budaya Indonesia di dua kota besar di Australia.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement