Jeddah Bangun Menara Pencakar Langit Tertinggi di Dunia
Jumat , 19 Januari 2018, 13:19 WIB

www.eramuslim.com
Jeddah (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, DUBAI -- Gedung pencakar langit tertinggi di dunia akan dibangun di Jeddah, Arab saudi. Pengembang real estat telah menandatangani kontrak dengan Saudi senilai 620 juta Saudi Riyal untuk pekerjaan infrastruktur di lokasi tersebut.

Kontrak tersebut diberikan kepada perusahaan lokal Al-Fouzan General Contracting Co. Jeddah Economic Co, konsorsium di balik proyek tersebut, mengatakan bahwa pekerjaan tersebut akan rampung dalam waktu 12 bulan.

Pembangunan Menara Jeddah, yang semula diproyeksikan senilai 1,2 miliar dolar, telah berlangsung selama beberapa tahun. Pejabat sebelumnya mengatakan, bahwa bangunan tersebut akan rampung pada 2020. Dalam pernyataannya, Jeddah Economic Company tidak mengatakan apakah jadwal tersebut masih dalam sesuai.

Proyek tersebut disusun saat perekonomian Saudi tengah berkembang pesat. Kini, proyek itu menghadapi lingkungan yang lebih sulit. Karena pasar real estat negara itu merosot lantaran kondisi ekonomi yang sulit, karena harga minyak yang rendah.

Menara Jeddah diproyeksikan mencapai ketinggian lebih dari 1.000 meter (3.281 kaki), mengalahkan Burj Khalifa di Dubai yang tingginya mencapai 828 meter. CEO Jeddah Economic Company, Mounib Hammoud, mengatakan bahwa pelaksanaan infrastruktur canggih dianggap sebagai langkah penting dalam memposisikan mega pembangunan ini sebagai proyek kelas dunia.

Hammoud mengatakan, pekerjaan berjalan sesuai dengan jangka waktu yang ditetapkan. Sementara bidang tanah akan tersedia dan siap untuk dikembangkan oleh investor lokal dan internasional dengan semua layanan dukungan dan utilitas yang mencakup infrastruktur mutakhir, pendinginan distrik, jaringan gas, pelengkapan dan penyelesaian jalan, ruang publik terbuka yang luas, taman dan elemen lain dari konsep kota cerdas yang ramah lingkungan.

"Proyek ini menawarkan menara tertinggi di dunia, lingkungan yang beragam, apartemen residensial untuk sebagian besar anggaran, tujuan mengisi waktu luang dan liburan dan pusat bisnis. Proyek Kota Ekonomi Jeddah akan menyandang pertumbuhan Jeddah dan akan menawarkan ribuan lapangan kerja bagi kaum muda Saudi di berbagai bidang," kata Hammoud, dilansir dari Arab News, Jumat (19/1).

Redaktur : Agus Yulianto
Reporter : Kiki Sakinah