Semalam, Madinah Diguncang Gempa
Rabu , 17 Januari 2018, 09:50 WIB

Republika/Angga Indrawan
Suasana di sekitar Masjid Quba di Kota Madinah, Selasa (21/11).

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Gempa bumi berkekuatan 2,5 skala richter dilaporkan mengguncang Kota Madinah, Arab Saudi, pada Selasa (16/1) malam waktu setempat atau sekitar pukul 01.00 WIB, Rabu (17/1). Keterangan ini disampaikan Masyarakat Geologi Saudi Hani Zahran, seperti dilansir Arab News, Selasa (16/1).

Meskipun begitu, pemerintah kota setempat menyebutkan, tidak ada laporan kerusakan sama sekali akibat gempa bumi. Pusat gempa diketahui berada di titik 14 kilometer arat barat-laut Madinah, dengan kedalaman tujuh kilometer di bawah permukaan airlaut.

Juru bicara dinas pertahanan Kota Madinah, Khaled Al-Johani, menjelaskan, pihaknya mendapatkan kabar dari warga setempat sekira pukul 03.00. Warga yang tinggal di Madinah barat itu mengakui merasakan tanah huniannya bergetar sedikit.

Bagaimanapun, gempa bumi ini dipastikan berdaya kecil sehingga tidak berbahaya. Hal itu ditegaskan juru bicara otoritas meteorologi dan penanggulangan bencana Arab Saudi, Tariq Aba Al-Khail. Dia juga menjelaskan, guncangan dalam skala lemah memang cukup sering terjadi di Semenanjung Arab.

Redaktur : Esthi Maharani
Reporter : Hasanul Rizqa