Saturday, 11 Ramadhan 1439 / 26 May 2018

Saturday, 11 Ramadhan 1439 / 26 May 2018

In Picture: Berbuka Kolosal di Masjidil Haram

Jumat 18 May 2018 01:12 WIB

Rep: Irfan Junaidi/ Red: Mohamad Amin Madani

Foto: Republika/Irfan Junaidi
Satu jam menjelang waktu Maghrib, jamaah sudah meluber ke halaman masjid.

REPUBLIKA.CO.ID,MAKKAH -- Berbuka puasa menjadi aktivitas yang sangat kolosal di Masjidil Haram. Seluruh area masjid tersebut penuh dengan manusia yang menanti datangnya waktu adzan maghrib.

Satu jam menjelang waktu Maghrib, jamaah sudah meluber ke halaman masjid. Mereka diatur untuk duduk rapi berhadap-hadapan.

Di depan masing-masing barisan jamaah terdapat plastil hijau yang digelar mirip karpet. Galon galon air zamzam pun disebar ke tengah-tengah jamaah yang menanti buka puasa.

Petugas khusus pun dikerahkan untuk membagi-bagi kardus berwarna putih berukuran panjang sekitar 60 cm. Mereka bagikan kardus itu secara merata. Kira-kira sepuluh menit menjelang azan, barulah kardus dibuka dan berisi boks-boks kecil paket makanan. Dalam boks itu terdapat kurma, roti, jus buah, dan air dalam kemasan. Sebagai tajil, makanan dalam boks itu sudah lebih dari cukup. Saat azan berkumandang, semua boks sudah terbagi merata. Betapa cepat gerak ribuan petugas pembagi makanan untuk bisa melayani jamaah yang memenuhi seluruh area masjidil haram, Kamis (17/5) petang.

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA