Rabu 28 May 2014 10:20 WIB

Perhatian Ekstra Bagi Rambut yang Tertutup Hijab (1)

Hanya karena tertutup kerudung bukan berarti rambut tidak membutuhkan perhatian.
Foto: Aditya Pradana Putra/Republika
Hanya karena tertutup kerudung bukan berarti rambut tidak membutuhkan perhatian.

REPUBLIKA.CO.ID, Perempuan yang mengenakan kerudung harus memperhatikan rambut mereka. Tak seperti rambut yang tiap hari terpapar udara dan sinar matahari, rambut yang tertutup membutuhkan perhatian ekstra.

Berikut sejumlah hal yang harus diperhatikan perempuan berkerudung, seperti dikutip dari New Straits Times.

1. Jangan terlalu sering keramas

Cuci rambut cukup tiap dua hari sekali. Jangan lakukan tiap hari. Terlalu sering keramas menghilangkan minyak alami rambut dan warna, jika rambut Anda mengalami proses pewarnaan.

2. Hindari air hangat

Mandi dengan air hangat bukan masalh, tapi mencuci rambut dengan hangat tidak disarankan. Air hangat membuat rambut jadi lebih keriting dan berantakan.

Sebaiknya gunakan air dingin biasa. Air dalam suhu ruangan membuat rambut lebih lembut dan berkilau.

3. Alami

Bahan kimia kurang baik bagi rambut. Pilih produk perawatan rambut yang mengandung bahan alami. Misalnya mengandung minyak kelapa. Selalu gunakan sampo dan pelembab yang sesuai dengan tipe rambut Anda.

4. Biarkan mengering

Mengenakan jilbab ketika rambut masih basah adalah ketidakbolehan. Rambut basah yang tertutup menyebabkan ketombe dan mudah patah.

Biarkan rambut mengering dahulu secara alami. Jika terburu-buru, keringkan rambut dulu dengan pengering rambut dan semprotkan produk pelindung panas ke rambut.

5. Jangan terlalu erat

Bila Anda biasanya mengikat rambut dalam bentuk cepol atau buntut kuda saat berkerugung, buat ikatan yang agak renggang. Ini untuk memberi ruang bagi rambut bernapas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement