Kamis 15 May 2014 09:58 WIB

5 Alasan Menopause Datang Lebih Awal

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Mansyur Faqih
Menopause
Foto: afp
Menopause

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian wanita mungkin saja mengalami jadwal menopause yang datang lebih cepat dari usia yang seharusnya. ROLers, berikut adalah lima alasan mengapa itu bisa terjadi seperti dilansir Best Health Mag, Kamis (15/5).

1. Operasi

Seorang wanita yang indung telur atau rahimnya telah diangkat, khususnya setelah menjalani operasi histerektomi total akan lebih cepat mengalami menopause. Operasi ini dapat menganggu aliran darah ke ovarium sehingga menyebabkan folikel di ovarium mati.

2. Ovarium prematur

Wanita yang memasuki masa menopause pada usianya yang masih terbilang muda, 20 tahunan atau 30 tahunan bisa jadi karena memiliki penyakit yang membuat indung telur berhenti berfungsi. Ini karena ovariumnya prematur sehingga menopause datang lebih cepat.

3. Sindrom ovarium polikistik

Kondisi medis yang juga sering disebut sindrom PCOS ini menganggu ovulasi dan akhirnya menyebabkan peradangan serta rusaknya jaringan parut. Akhirnya, folikel di dalam ovarium akan hancur.

4. Gangguan autoimun

Gangguan autoimun di sini termasuk di antaranya karena penyakit insulin-dependent diabetes, hipotiroidisme, rheumatoid, arthtitis dan lupus.

5. Pengobatan kanker

Kemoterapi dan terapi radiasi sering memicu menopause dini. Wanita yang mengunakan tamoxifen untuk mengurangi risiko kanker payudara juga dapat mengalami menopause dini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement