Senin 21 Apr 2014 14:22 WIB

Lawan Penuaan Kulit dengan Bahan-Bahan Ini (1)

Alpa membersihkan wajah dari riasan sebelum tidur menyebabkan keriput cepat muncul.
Foto: Prayogi/Republika
Alpa membersihkan wajah dari riasan sebelum tidur menyebabkan keriput cepat muncul.

REPUBLIKA.CO.ID, Garis halus, keriput, dan noda hitam. Ada masa dalam kehidupan perempuan ketika ia berkaca dan menyadari kalau tanda-tanda penuaan telah tiba.

Disukai atau tidak, manusia tidak bisa menghentikan proses penuaan dan dampaknya ke kulit wajah. Menggunakan sejumlah produk perawatan namun bisa membantu penuaan berjalan lebih lambat.

Ketika mencari produk yang bisa membantu menghambat efek penuaan, perempuan disarankan mencari produk yang mengandung sejumlah bahan berikut ini. Inilah daftarnya seperti dikutip dari laman refinery29.

Menggunakan bahan-bahan yang tertera ini dalam produk perawatan memang perlu. Tapi jangan lupa untuk menggunakan tabir surya dengan minimum SPF 30 setiap hari di wajah. Sebab pencegahan merupakan bagian penting dari melawan penuaan kulit.

1. Alpha Hydroxy Acids (AHAs)

AHAs merupakan bahan yang bersifat serba bisa. AHAS, termasuk glycolic, lactic, dan fruit acids, membantu mengurangi keriput, garis halus, hingga pigmentasi, dan mengupas lapisan sel kulit mati yang membuat kulit tampak tua. Pengelupasan memicu produksi kulit baru, lebih segar, dan lebih muda.

AHAs bekerja paling efektif dalam konsentrasi yang lebih besar, seperti terkandung dalam serum.

2. Magnesium Ascorbyl Phosphate

Ini adalah salah satu bentuk paling stabil dari vitamin C. Bahan ini juga dengan mudah berubah jadi ascorbyl acid ketika berada dalam kulit. Bentuk pelepasannya cukup lama, sehingga berguna sebagai proteksi antipenuaan selama delapan jam. Sebagai tambahan, bahan ini membuat kulit tampil lebih segar dan lebih aktif daripada bahan lain.

Juga, ia tak seasam bahan lain sehingga tidak menyebabkan kulit yang memerah, iritasi, atau tersengat. Vitamin C diketahui sangat efektif melawan radikal bebas seperti sinar matahari, stres, dan polusi. Gunakan sebelum pelembab yang mengadung tabir surya.

Antioksidan dalam magnesium ascorbyl phospate tak hanya memberi kulit suntikan antipenuaan, tapi juga membantu menghilangkan noda hitam.

3. Hyaluronic Acid

Air sangat penting untuk memberi makan sel di kulit dan menjaganya tampil cerah dan awet muda. Ditemukan secara alami di dalam lapisan kulit, hyaluronic acids menjaga kandungan air dan memberikan kontur ke kulit.

Ketika digunakan dalam produk perawatan kulit, bahan ini menjaga kelembaban alami kulit. Hebatnya, bahan ini mampu menahan 1.000 kali berat badannya d air. Memberikan elastisitas lebih, lubrikasi ke kulit, hingga kelembaban.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement