Kamis 06 Mar 2014 18:12 WIB

Sudah Benarkah Cara Anda Mencuci Rambut?

Mencuci rambut yang benar memengaruhi kesehatan dan tampilan rambut.
Foto: nashhairdesign.com
Mencuci rambut yang benar memengaruhi kesehatan dan tampilan rambut.

REPUBLIKA.CO.ID, Seberapa sering Anda mencuci rambut? Setiap hari atau setiap dua hari sekali mungkin menjadi jawabannya. Tetapi apakah cara Anda mencuci rambut sudah benar?

Mencuci rambut secara tepat akan memengaruhi kesehatan hingga faktor tampilan rambut. Berikut tips dari Nunzio Saviano dari Nunzio Saviano Salon di New York dan dari Kyle White dari Oscar Blandi Salon.

Tips pertama adalah selalu mulai membasahi rambut sebelum meletakkan sampo di atas rambut. ''Air hangat di kepala akan membuka kutikula, yang bagus untuk membuang kotoran atau produk yang menempel di rambut,'' kata White. Bonus lainnya, bila rambut dibilas dengan air hangat, rambut akan melemas dan membuka minyak di kulit kepala hingga akan meresap pelembab rambut lebih baik.

Jika rambut Anda panjang, sebaiknya bubuhkan dulu pelembab rambut atau conditioner ke rambut. ''Kalau rambut melebihi bahu, lindungi ujung yang rapuh dari mengering dan rusak dengan membubuhkan pelembab rambut sedikit saja ke ujung rambut. Baru basahi perlahan sebelum memberi sampo,'' kata White. Ini akan akan membuat ujung rambut sehat, juga memberi kelembaban di lubang pada kutikula. Rambut pun jadi lebih halus dan berkilau.

Sementara itu Saviano mengatakan sampo sebenarnya hanya perlu diberikan di kulit kepala. Cara terbaik untuk keramas adalah dari akar rambut ke ujungnya. Sebab, rambut yang terletak di kulit kepala adalah rambut paling muda dan paling berminyak.

Ketika keramas lakukan dengan perlahan dan lembut. Gesekan yang terlampau keras bisa merusak kutikula rambut. Menimbulkan rambut jadi pecah-pecah. Bersihkan rambut seperti sedang membersihkan barang berharga. Lakukan dengan hati-hati.

''Mulai keramas dari akar rambut,'' kata White. Rangsang aliran darah di kulit kepala dan stimulasi pertumbuhan rambut menggunakan gerakan vertikal dengan tekanan medium. Ia menyarankan tidak menggunakan gerakan memutar yang bisa menyebabkan rambut kusut.

Kemudian, keramas bagian ujung dengan gerakan lurus. Jangan gosok bagian ujung rambut atau keramas dengan cara ke atas bawah seperti mencuci pakaian di papan cuci penggilasan.

Mencuci rambut cukup dilakukan satu kali. Tidak ada alasan untuk melakukannya dua kali. ''Hindari keramas lebih dari dua kali, kecuali ketika rambut sangat kotor dan keramas pertama dirasa tidak cukup bersih,'' ujar White.

Setelah mencuci rambut, tuntaskan dengan dengan memeras sebagian air dari rambut sebelum membubuhi pelembab rambut. Biarkan pelembab meresap di rambut selama beberapa waktu terlebih dahulu sebelum mencucinya bersih. Bubuhi pelembab dari setengah bagian rambut hingga ke ujungnya. Jangan bubuhkan pelembab di akar rambut.

Terakhir, bilas bersih rambut dengan air dingin. Air dingin akan menutup kutikula rambut. ''Akibatnya yang tersisa hanya lapisan luar rambut yang memantul ke cahaya hingga rambut tampak bercahaya,'' papar White.

sumber : dailymakeover
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement