Rabu 12 Feb 2014 18:00 WIB

Kenapa Harus Berganti Kerudung Tiap Hari

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Merawat rambut tetap penting bagi Muslimah yang berkerudung. Perawatan termasuk rajin mengganti kerudung agar rambut selalu sehat.
Foto: Rakhmawaty La'lang/Republika
Merawat rambut tetap penting bagi Muslimah yang berkerudung. Perawatan termasuk rajin mengganti kerudung agar rambut selalu sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, Sama seperti perempuan lainnya, Muslimah yang berkerudung juga kerap mengalami masalah rambut. Mulai dari ketombe, rambut berminyak, rambut kering, rambut patah, bahkan rambut rontok. Masalah rambut tersebut, menurut dokter spesialis kulit, Eddy Karta, memang tidak terlalu berbahaya jika tidak disertai radang.

Radang bisa disebabkan sejumlah faktor. Mulai dari faktor hormonal, nutrisi, obat-obatan, stres fisik, dan stres emosional. Apalagi kepala yang setiap harinya ditutupi kerudung. Eddy mengatakan, rambut yang tertutup umumnya akan lebih lepek dan lembab. “Jika sudah lepek, kulit kepala akan mudah berjamur atau berketombe,” katanya menjelaskan.

Supaya rambut tetap sehat, Eddy menyarankan, memperhatikan beberapa hal. Pertama, terkait pemilihan bahan kerudung. Ia menyarankan agar Muslimah berkerudung memilih bahan yang nyaman digunakan dan tidak menyebabkan panas.

Selain pemilihan bahan kerudung, penting pula diperhatikan kebersihan dan kesehatan kulit kepala dan rambut. Keduanya ini harus dijaga dengan baik, sehingga tidak menjadi sarang kuman.

Jika rambut terasa kotor segera bersihkan dengan cara keramas. Kemudian jika melakukan keramas, sebaiknya dikeringkan dengan benar. “Jika tidak dikeringkan, akan menyebabkan iritasi pada kulit kepala,” ujarnya.

Eddy juga menambahkan pentingnya mengganti kerudung setiap hari. Jangan memakai kerudung yang sudah dipakai sebelumnya, apalagi sampai berhari-hari penggunaannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement