Selasa 11 Feb 2014 16:01 WIB

Perhatikan Ini Sebelum Potong Rambut

Kenali dulu tipe rambut demi mendapatkan potongan rambut yang paling sesuai.
Foto: Rakhmawaty La'lang/Republika
Kenali dulu tipe rambut demi mendapatkan potongan rambut yang paling sesuai.

REPUBLIKA.CO.ID, Saat waktunya harus potong rambut, kaum Hawa kerap dilanda kebingungan. Potongan rambut apa yang diinginkan, ya? Atau, gaya apa yang cocok dengan saya, ya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut perempuan perlu terlebih dahulu mengenali tipe rambutnya terlebih dahulu. Sebab, menurut Aar Yazuar, seorang penata rambut terkemuka, diperlukan pengetahun tentang rambut diri sendiri terlebih dahulu agar bisa mendapatkan potongan yang pas.

Aar yang kini aktif di Prestife Hair and Beauty Salon Kemang mengatakan rambut adalah kebutuhan mutlak manusia. Coba lihat, apa yang dilakukan seorang perempuan saat bangun tidur, sebelum bertemu dengan orang lain? Setidaknya ia akan merapikan rambutnya walaupun hanya dengan jari.

Ini membuktikan rambut merupakan prioritas banyak perempuan. Selain itu rambut adalah ekspresi seorang perempuan. ''Perempuan yang berani mengeksplorasi tatanan rambutnya, menunjukkan bahwa ia adalah orang yang terbuka dan siap terhadap perkembangan zaman,” ujar Aar, di sela-sela peluncuran HQ7 Hair Milk.

Setiap perempuan kemudian memiliki kebutuhan gaya dan penataan rambut yang berbeda. Perempuan yang bekerja, misalnya, punya keterbatasan waktu merawat dan menata rambut. Potongan rambut yang dipilih kemudian sebatas gaya yang simpel. Atau, justru memilih rambut yang terikat rapi ketimbang harus menggerainya.  

Dengan mengenali kelebihan dan kelemahan rambut baru potongan rambut yang sesuai bisa didapat. Potongan yang tepat harus dapat memanfaatkan kelebihan yang dimiliki dan menutupi kekurangan rambut.

Bila solusi pertama telah diperoleh, Aar menyarankan perempuan berlanjut ke solusi berikutnya. Yaitu memilih produk yang tepat bagi rambut. ''Memiliki potongan rambut yang pas memudahkan kita untuk menatanya. Setelah keramas, keringkan rambut, dan tata dengan cepat seperti menggunakan gulungan, blow dry atau mencatok,'' ujarnya. Setelah itu Aar menyarankan menggunakan produk yang bisa melindungi rambut dari angin, cahaya, dan udara yang dapat membuat rambut kering dan bertambah cepat terlihat kusam dan berantakan.

Berdasarkan riset, kebanyakan problema rambut perempuan adalah rambut lepek, kusut, patah, kusam, berminyak atau kering, bercabang, dan rontok. Permasalahan ini membuat penampilan rambut kurang maksimal. Menjadikan rambut sulit diatur dan cepat berantakan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement