Ahad 09 Feb 2014 11:03 WIB

Agar Tidak Tekor Melulu Setiap Bulan (1)

Rep: Desy Susilawati/ Red: Endah Hapsari
Hitung gaji dengan cermat/ilustrasi
Foto: shutterstock
Hitung gaji dengan cermat/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Semua orang pasti memiliki keinginan dalam hidupnya. Ada yang ingin memiliki rumah, memiliki kendaraan pribadi, baik mobil maupun motor, memiliki perhiasan, tabungan, menyekolahkan anak sampai se tinggitingginya, serta memiliki asuransi jiwa dan kesehatan. Termasuk, menginginkan pensiun dengan nyaman dan sejahtera.

Untuk memenuhi semua keinginan tersebut, harus ada uang yang tersedia. Terkadang, kondisi keuangan tak memungkinkan untuk memenuhi cita-cita. Karena itu, dalam dunia perencanaan keuangan dikenal konsep merencanakan keuangan yang matang demi memenuhi tujuan.

Para perencana keuangan yang bertaburan di jejaring sosial media hingga banyaknya buku tentang merencanakan keuangan membuat upaya meraih keinginan sebenarnya menjadi lebih mudah. Tak dimungkiri semua itu membuat lebih banyak orang melek keuangan. Membuat sendiri rencana keuangan sesungguhnya bisa dilakukan. Menurut perencana keuangan dari Mitra Rencana Edukasi, Diana Sandjaja SE CFP, sebenarnya merencanakan sendiri apa yang akan dilakukan dengan uang itu mudah.

Jika Anda mengetahui caranya maka perencanaan keuangan enggak pakai ribet, ujar Diana dalam peluncuran buku duetnya bersama Pandji Harsanto SE CFP CHt, berjudul Make Your Own Plan. Dalam membuat perencanaan keuang an, ia melanjutkan, tahap pertama yang harus dilakukan adalah membuat neraca atau daftar kekayaan beserta utang yang dimiliki. Ini penting untuk mengetahui di mana posisi ke uangan pribadi. Apakah positif atau negatif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement