Senin 07 Oct 2013 15:06 WIB

Ajarkan Mandi Wajib pada Remaja

Bersuci/ilustrasi
Foto: thedailysheeple.com
Bersuci/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Mandi wajib itu bagaimana sih? Makasih Bunda.

Nadira (11 tahun, 6 SD)

Jakarta

 

Nadira, bila darah sudah berhenti keluar, berarti masa menstruasimu sudah selesai. Jadi harus segera mensucikan diri dengan mandi wajib karena harus menunaikan ibadah-ibadah wajib. Kalau setelah mandi wajib ternyata darahnya keluar lagi, maka kamu harus kembali mandi wajib untuk mensucikan diri.

Berikut adalah cara-cara untuk mandi wajib:

1. Mengucapkan niat untuk bersuci (Aku berniat mensucikan diri dari hadats kecil dan hadats besar karena Allah)

2. Membasuh kedua tangan

3. Membasuh kemaluan

4. Berwudhu seperti mau shalat (namun boleh menangguhkan membasuh kedua kaki sampai selesai mandi)

5. Siramlah air ke bagian tubuh sebelah kanan sebanyak tiga kali, kemudian sebelah kiri sebanyak tiga kali, lalu menyiramkan air ke sekujur tubuh. Jangan sampai ada satu bagian tubuhpun yang terlewat ya.

6. Membasuh kaki

 

Rangkaian diatas itu ada yang wajib ada yang sunnah. Bagian yang wajib dan menjadi rukun dalam mandi wajib hanya ada 2 hal, yaitu berniat,untuk membedakan dari ibadah atau kebiasaan, dan kedua adalah membasuh seluruh anggota tubuh.

Untuk hal-hal lainnya seperti cara menggunakan pembalut dan cara membersihkannya tanya ibumu ya nak. Juga mengenai apa saja yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan selama mens. Selamat menanti menjadi baligh ya. Jika kamu sudah mens nanti berarti Nadira sudah secara penuh bertanggungjawab atas segala perbuatan yang kamu lakukan. Jaga dirimu baik-baik.

 

Salam sayang, 

Bunda  

sumber : Rubrik Konsultasi Buah Hati
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement