Selasa 17 Sep 2013 15:02 WIB

4 Resep Hidup Tenteram dan Bahagia

Bahagia sampai tua. Ilustrasi
Foto: www.123d.com
Bahagia sampai tua. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KH Abdullah Gymnastiar membeberkan empat resep hidup tenteram dan bahagia. “Pertama, merasa semua ini titipan Allah. Kedua, selalu bersyukur dengan mengucap alhamdulillah. Ketiga, selalu berterima kasih kepada sesama. Keempat, manfaatkan semua nikmat dari Allah untuk mendekatkan diri kepada Allah,” tutur pimpinan Ponpes Daarut Tauhid Gegerkalong Bandung ini.

Menurut dia, dengan merasa tidak memiliki, dimiliki, serta tidak takabur, maka semuanya akan bahagia. Aa Gym menjelaskan di dunia ini semua adalah titipan Allah. “Contoh tukang parkir. Punya mobil banyak tidak sombong, mobilnya diambil juga menerima. Sebab dia (tukang parkir) merasa tidak ikut memiliki. Maka hati akan enak tenteram,” jelas alumni Pesantren Miftahul Huda, Tasikmalaya ini. 

Selain itu, dia mengingatkan manusia untuk selalu mengucap syukur dengan membaca alhamdulilah. Aa Gym lantas mencontohkan orang yang kehilangan dompet. Orang tersebut masih bersyukur lantaran hanya dompetnya yang hilang. “Alhamdulillah nggak celana yang hilang,” ujarnya.

Jika didera musibah seperti sakit gigi ataupun penyakit lainnya, lanjut dia, maka juga harus bersyukur dengan mengucap alhamdulillah. “Barang siapa yang bisa melihat nikmat yang lebih besar tidak akan sengsara hidupnya,” tutur alumni D-3 PAAP (Pendidikan Ahli Administrasi Perusahaan) Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung inu.

‘’Jangan sibuk mengeluh, mencela sebab itu kufur nikmat. Kalau sudah kufur nikmat, hidup tidak tentram,’‘ imbuhnya. Aa Gym menyatakan, setiap orang juga harus selalu berterima kasih kepada orang lain. “Jangan mikir kejelekan orang lain.''

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement