Rabu 24 Apr 2013 15:13 WIB

Inilah Bahaya Radiasi Ponsel untuk Bayi

Ibu hamil menggunakan ponsel/ilustrasi
Foto: newscientist.com
Ibu hamil menggunakan ponsel/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Bagi para ibu hamil berhati-hatilah! Menurut penelitian terbaru, paparan radiasi ponsel selama kehamilan bisa mempengaruhi perkembangan otak janin dan dapat menyebabkan bayi yang hiperaktif. Penelitian ini dilakukan oleh Dr. Hugh Taylor di Yale School of Medicine, yang menyelidiki dampak dari paparan ponsel pada kehamilan.

“Kami memiliki tikus hamil di kandang dan kami hanya hanya menempatkan ponsel di atas kandang. Ponsel itu diaktifkan selama setengah hari dan dimatikan selama setengah hari selanjutnya, sehingga tidak melakukan transmisi sinyal sama sekali,” ujar Taylor seperti dikutip Dailymail.co.uk oleh duniafitnes.com.

Lalu, para peneliti memungkinkan tikus untuk melahirkan dan menunggu sampai keturunannya tersebut menjadi tikus remaja, sebelum perilakunya diuji. “Tikus yang terkena paparan radiasi ponsel tercatat lebih aktif. Memori tikus tersebut juga sedikit menurun. Tikus ini pada dasarnya lebih suka menyendiri dan tidak memperdulikan lingkungan sekitarnya,” tambah Taylor.

Penelitian ini menunjukkan ada “dasar biologis” dari paparan radiasi ponsel yang dapat berdampak pada kehamilan. Pasien harus berhati-hati dengan perangkat ponsel apapun dan merekomendasikan para wanita hamil agar menjauhi ponsel dari tubuh mereka.

Menurut angka terbaru yang diterbitkan oleh sebuah badan telekomunikasi PBB, dunia kini memiliki jumlah yang hampir sama pada pelanggan ponsel dengan jumlah penduduk. Yang artinya, hampir seluruh orang di dunia memiliki ponsel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement