Jumat 29 Sep 2017 17:20 WIB

Konsumsi Air Kelapa Bantu Jaga Berat Badan

Rep: Rizkyan adiyudha/ Red: Esthi Maharani
Kelapa muda
Foto: Republika/Prayogi
Kelapa muda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengonsumsi air kelapa nyatanya dapat membantu seseorang yang tengah menjaga asupan makanan ke dalam tubuh. Dokter Karin Wiradarma mengatakan, air kelapa mengandung banyak nutrisi yang dapat membantu seseorang yang tengah menjaga berat badan.

"Air kelapa itu kaya nutrisi dan tinggi serat sehingga mengenyangkan. Jadi kalau pengen diet dianjurkan banyak makan serat," kataKarin Wiradarma di Jakarta, Jumat (29/9).

Karin mengatakan, air kelapa terutama yang masih muda memiliki sangat sedikit lemak. Kelapa muda mengandung 95 persen air, sedangkan kelapa yang sudah tua hanya mengandung 50 persen air. Sebagian besar air kelapa tua telah diubah secara alami menjadi daging dari kelapa itu sendiri. Hal ini lah yang membuat kelapa tua mengandung lebih banyak lemak.

Minimnya timbunan lemak dalam tubuh pada akhirnya menghindarkan diri dari serangan darah tinggi. Karin mengatakan, tingginya kandungan kalium yang tersimpan dalam air kelapa inilah yang menghindarkan seseorang yang mengonsumsi air kelapa dari bahaya hipertensi.

"Makanya air kelapa aman untuk dikonsumsi karena rendah kolesterol dan garam sehingga tidak perlu khawatir," katanya.

Kendati, dia melanjutkan, konsumsi air kelapa yang terlalu banyak juga memberikan dampak negatif bagi tubuh. Air kelapa dianjurkan untuk dikonsumsi sekitar 240 ml perhari atau setara dengan datu gelas. "Meski sedikit lemak juga kalau terlalu banyak sama saja dengan menimbun lemak," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement