Rabu 20 Jan 2016 10:41 WIB

Mengenal Racun Sianida, Sang 'Pembunuh' Mirna

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Racun sianida dengan mudah dapat membunuh seseorang karena sianida dapat mencegah sel dalam tubuh untuk menggunakan oksigen.
Foto: ist
Racun sianida dengan mudah dapat membunuh seseorang karena sianida dapat mencegah sel dalam tubuh untuk menggunakan oksigen.

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam berbagai kisah pembunuhan hingga mata-mata dalam novel misteri, racun sianida sering kali digunakan oleh tokoh dalam cerita tersebut. Racun sianida bahkan kembali mendapat sorotan dalam kasus pembunuhan Mirna Salihin. Racun itu dimasukkan ke dalam kopi yang diminum mendiang Mirna.

Racun sianida dengan mudah dapat membunuh seseorang karena sianida dapat mencegah sel dalam tubuh untuk menggunakan oksigen. Tanpa kemampuan untuk menggunakan oksigen, mitokondria tidak dapat menghasilkan pembawa energi adenosine trifosfat (ATP).

Akibat dari hal tersebut, berbagai jaringan tubuh yang membutuhkan pembawa energi ATP tersebut, seperti sel otot jantung dan sel saraf, akan langsung terpengaruh. Jaringan-jaringan tersebut dengan cepat menghabiskan energi yang tersisa dan mulai 'mati'. Ketika sel dalam jumlah banyak mulai mati, manusia yang bersangkutan pun akan mati.

Paparan terhadap sianida bisa terjadi secara sengaja ataupun tidak disengaja. Dalam beberapa kasus, sianida memang secara sengaja digunakan sebagai racun atau senjata kimia. Akan tetapi, dalam banyak kasus, paparan sianida sering kali terjadi secara tidak disengaja.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement