Selasa 29 Dec 2015 08:26 WIB

Wah, Ternyata Ini Untungnya Hidup Sendiri Tanpa Pasangan

Rep: C32/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Wanita single punya banyak kesempatan untuk menikmati hidup hingga membuat mereka bahagia.
Foto: Republika/Prayogi
Wanita single punya banyak kesempatan untuk menikmati hidup hingga membuat mereka bahagia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjadi single entah belum mempunyai pasangan, bercerai, atau tinggal di rumah sendiri bukan berarti menjadi tidak baik. Meskipun di sekeliling banyak yang tidak hidup secara single bukan berarti memasak, berbelanja, tidur, membersihkan rumah, dan kegiatan lainnya yang dilakukan sendiri selalu menyedihkan.

Seperti dilansir Dailymail, ada studi baru yang menunjukan ada manfaat positif dalam status single. Menurut Western Washington University, orang yang lajang atau hidup sendiri ternyata memiliki berat badan yang lebih rendah.

Penulis studi tersebut Jay Teachman, seorang profesor sosiologi di Western Washington University meneliti hubungan antara berat badan dan status perkawinan. Penelitian tersebut dilakukan kepada 3.347 orang selama periode waktu tertentu.

Teachman juga mengambil perubahan status mereka termasuk perceraian sampai dengan putus dengan teman spesialnya. Hasil penelitian menunjukkan, orang-orang yang tinggal sendiri entah bercerai atau tidak pernah menikah memiliki bobot tubuh yang lebih rendah.

Hanya saja, studi tersebut tidak mempertimbangkan faktor-faktor seperti latihan atau makan yang sehat karena kurangnya data yang tersedia. Namun, ia percaya bahwa ada dua faktor yang menyebabkan lingkar pinggang yang lebih kecil dari satu orang.

"Mereka lebih sadar berat badan mereka dan bagaimana mereka terlihat, sehingga mereka mungkin menjaga berat badanya seperti itu,” tutur Teachman. Ia menambahkan faktor lainnya pola makan cenderung tidak teratur seperti layaknya orang yang mempunyai pasangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement