Ahad 27 Dec 2015 10:02 WIB

Mau Berumur Panjang? Ikuti Resep Mereka yang Hidup di Atas 100 Tahun ini (1)

Rep: C32/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Downing Jett Kay
Foto: dailydot.com
Downing Jett Kay

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ingin menjadi salah satu orang yang berumur lama hingga 100 tahun? Sementara itu bagi sebagian orang hidup hingga usia 70 sampai 75 tahun merupakan waktu lebih dari cukup untuk menjalani hidup yang memuaskan.

Hanya saja di sisi lain ada menurut data Biro Sensus Nasional yang dilansir Prevention, Kamis (24/12) centenarian telah tumbuh lebih dari 65 persen selama tiga dekade terakhir. Hal tersebut menunjukan adanya kemungkinan gen yang memainkan peran besar yang membuat seseorang untuk bisa hidup hingga 100 tahun.

Sementara memang ada beberapa kebiasaan yang sering dilakukan mereka yang berumur 100 tahun. Seperti salah satunya selalu berbaur yang sering dilakukan Downing Jett Kay yang menginjak usia 108 tahun di Towson. Ia selalu membuat teman baru selama kehidupannya.

Kay selalu berusaha berbaur dan terlibat dalam kegiatan beribadahnya, organisasi perempuan, komunitas, pertemuan kelompok setiap mingggu, dan memprioritaskan untuk menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga hingga usiannya sekarang.

Sebuah studi pada 2010 mengungkapkan orang dengan banyak koneksi sosial memiliki kemungkinan 50 persen lebih besar untuk hidup lebih lama. Tentunya hal tersebut jika dibandingkan orang yang memiliki sedikit atau tidak sama sekali mempunyai hubungan sosial.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement