Senin 14 Dec 2015 09:50 WIB

Ini Beragam Manfaat Makan Semangka Ketika Hamil

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Buah Semangka
Foto: republika/Prayogi
Buah Semangka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika hamil, tubuh membutuhkan nutrisi ekstra untuk tumbuh kembang janin. Makan semangka saat hamil bisa membantu tubuh Anda tetap terhidrasi dan memberi asupan vitamin penting, sementara mengurangi efek samping yang membuat Anda tidak nyaman selama kehamilan.

Baca: Tips Tetap Berenergi Saat Hamil

1. Kandungan gizi

Semangka segar mengandung vitamin A dan C serta potassium. Anda juga akan mendapatkan vitamin B6 dan magnesium dari semangka. Semua nutrisi ini sangat penting selama kehamilan.

Semangka juga mengandung lycopene, antioksidan yang bisa mencegah penyakit jantung dan kanker, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, serta mengurangi sensitivitas kulit ibu hamil terhadap cahaya matahari. American Pregnancy Association (APA) merekomendasikan ibu hamilmakan tiga porsi buah segar ini setiap hari.

Baca: Berapa Banyak Ibu Hamil Dianjurkan Makan Tuna?

2. Mengurangi gejala buruk kehamilan

Makan semangka bisa meringankan sakit maag yang mungkin Anda alami selama kehamilan. Tingginya kandungan air dan vitamin dalam semangka juga membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi sehingga mengurangi kelelahan dan mengatasi racun.

Menjadikan semangka kudapan bisa mengurangi mual dan morning sickness. Kalium dan magnesium dalam semangka segar bisa meringankan kram otot yang lazim terjadi pada ibu hamil di trimester ketiga.

Baca: Apa Iya Pisang Baik untuk Ibu Hamil?

3. Mencegah preeklamsia

Studi International Journal of Gynecology and Obstetrics menemukan bahwa dengan mengonsumsi makanan tinggi lycopene, seperti semangka bisa mengurangi preeklamsia selama kehamilan. Preeklamsia adalah kondisi serius yang berpengaruh buruk pada ibu hamil dan bayinya. Lycopene juga mengurangi kemungkinan bayi terlahir dengan berat badan rendah.

4. Resep sehat

Buatlah secangkir jus semangka segar dengan menghilangkan bijinya terlebih dahulu. Ini bisa mengobati morning sickness. Jika Anda lebih suka makan semangka segar, namun tak ingin terlalu manis, cobalah campur dengan potongan tomat untuk mengurangi manisnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement