Ahad 22 Nov 2015 00:09 WIB

Lari Sambil Merangkak Jadi Tren Fitness Terbaru

Rep: C01/ Red: Indira Rezkisari
Crunning sanggup melatih bagian atas dan bawah tubuh sekaligus. Ini adalah salah satu gerakan olahraga lari tak biasa yang dilakukan dengan cara seperti merangkak.
Foto: FB Crunning
Crunning sanggup melatih bagian atas dan bawah tubuh sekaligus. Ini adalah salah satu gerakan olahraga lari tak biasa yang dilakukan dengan cara seperti merangkak.

REPUBLIKA.CO.ID, Baru-baru tren fitness baru muncul di Australia. Tren ini unik karena gerakan yang populer dalam fitness tersebut disebut crunning dan mirip dengan merangkak.

Crunning sanggup melatih bagian atas dan bawah tubuh sekaligus. Ini adalah salah satu gerakan olahraga lari tak biasa yang dilakukan dengan cara seperti merangkak. Saat melakukan crunning, seseorang hanya dapat menggunakan tangan dan telapak kakinya untuk berlari tanpa dengkul menyentuh ke tanah.

Pemilik Crunning Australia pada laman Facebooknya, Shaun McCarthy (34), mengatakan meningkatnya orang yang ikut dalam gerakan crunning menunjukkan bahwa minat terhadap tipe olahraga yang tak biasa masih besar. McCarthy juga mengatakan crunning memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan berlari normal.

(baca: Lula Kamal Paparkan Seperti Apa Olahraga yang Benar)

"(Crunning) memberi kesempatan pada Anda untuk melatih bagian atas tubuh anda sekaligus bagian bawah tubuh anda bersamaan," jelas McCarthy seperti dilansir News.Com.Au.

McCarthy menambahkan, melakukan crunning juga dapat mengencangkan paha. Ia sendiri mengaku sudah lebih berotot dari pada sebelumnya akibat melakukan crunning secara rutin.

Akan tetapi, karena olahraga ini juga melibatkan tangan untuk berlari, McCarthy mengatakan para crunner atau orang yang melakukan crunning harus menggunakan sarung tangan yang tebal demi melindungi telapak tangan.

"Sarung tangan ini merupakan hal yang krusial," tambah McCarthy.

McCarthy juga menambahkan bahwa saat ini crunning masih berupa gerakan untuk senang-senang dengan sesama teman. Akan tetapi, McCarthy berencana untuk benar-benar mengembangkan gerakan crunning ini hingga dapat diperhitungkan.

"Kami akan segera melakukan pertemuan (dengan para Crunners). Pada awalnya ini untuk kesenangan, akan tetapi semakin banyak yang bergabung, crunner akan berkembang menjadi satu hal yang diperhitungkan dalam fitness," ungkap McCarthy.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement