Jumat 27 Mar 2015 08:57 WIB

Lima Kiat Mengendalikan Diabetes Tipe 1 di Anak

Anak penderita diabetes/ilustrasi
Foto: prediabetics.org
Anak penderita diabetes/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Saat anak terdiagnosis mengidap diabetes tipe 1, jangan dulu berkecil hati ataupun putus asa. Diabetes yang diderita anak masih bisa dikendalikan sehingga tidak membahayakan atau semakin bertambah parah. Beberapa langkah berikut kerap disarankan untuk mengendalikan DM tipe 1, terutama pada anak.

Pengaturan pola makan

Dikutip dari www.parentsindonesia.com, memerhatikan pola makan anak sangat penting, karena ada jenis makanan yang harus dikurangi dan ditakar dalam sehari agar tidak berlebihan. Sedangkan di sisi lain, anak sedang dalam masa tumbuh kembang yang membutuhkan banyak asupan makanan bergizi dari berbagai jenis. Tentunya yang lengkap dan seimbang.

Olahraga

Tidak hanya agar tubuh anak bugar, tapi olahraga juga bisa meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Dengan begitu kebutuhan insulin akan bisa diturunkan.

Insulin

Penyebab utama DM tipe 1 adalah karena tidak adanya insulin yang dihasilkan oleh tubuh, sehingga injeksi insulin menjadi salah satu cara penanganan yang selalu dilakukan. Suntikan insulin di bawah kulit adalah yang paling efektif.

Pemantauan gula darah

Gula darah harus selalu dipantau secara berkala untuk mengetahui apakah dosis insulin yang diberikan cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh anak.

Konsultasi dengan dokter

Idealnya dilakukan secara rutin dengan spesialis endokrin anak, pakar nutrisi, dan psikolog anak. Karena ini tidak hanya menyangkut kesehatan, tapi juga tumbuh kembang dan mental anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement