Senin 16 Dec 2013 21:00 WIB

Delapan Alat Rumah Tangga Tempat Kuman Bersarang (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Djibril Muhammad
Wastafel
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Wastafel

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ketika membahas kuman di rumah Anda, hal pertama yang Anda pikirkan adalah tempat sampah dan toilet.

Namun, tahukah Anda? Ada setidaknya delapan peralatan rumah tangga yang potensial menjadi sarang kuman dan penyakit di rumah Anda. Hal itu tentu saja jika Anda mengabaikan kebersihannya. Berikut paparannya, dilansir dari Sympromfind, Senin (16/12).

1. Spons cuci piring

Spons cuci piring di dapur akan menjadi salah satu tempat yang paling mungkin berlabuhnya kuman dan bakteri. Banyak penelitian menunjukkan instrumen utama untuk mencuci piring ini penuh dengan patogen bawaan dari makanan, jamur, dan ragi yang mendatangkan malapetaka bagi tubuh Anda.

Pertimbangkan tentang kelembaban spons Anda. Departemen Pertanian AS merekomendasikan Anda untuk memanaskan spons dapur Anda di dalam microwave selama beberapa menit untuk menghilangkan kuman dan bakteri di dalamnya.

2. Wastafel

Wastafel menjadi hal selanjutnya yang perlu Anda khawatirkan menjadi tempat bersarang kuman di rumah Anda. Ingat, piring kotor bukan satu-satunya hal yang masuk ke dalam wastafel dapur. Bakteri yang menempel dari sisa-sisa makanan, produk yang dicuci, bahkan daging mentah yang Anda cuci di wastafel itu bisa dengan mudah menempel.

Pastikan Anda membersihkan wastafel Anda dengan semprotan antibakteri secara teratur untuk menghilangkan kuman dan bakteri yang mungkin tertinggal di sana.

3. Vacuum cleaner

Kebanyakan orang membersihkan rumahnya dengan mesin vacuum cleaner. Ini adalah alat rumah tangga yang paling sering kontak dengan kuman, debu, bulu, dan patogen lainnya yang menyebabkan alergi dan penyakit.

Sebaiknya Anda membersihkan vacuum cleaner Anda secara rutin. Pastikan Anda menyikatnya, dan juga membersihkan rambut dan serat-serat karpet yang mungkin terjerat di dalamnya.

4. Remote kontrol

Remote kontrol televisi merupakan item selanjutnya yang paling sering disentuh di dalam rumah tangga. Namun, berapa banyak orang setidaknya yang berpikir untuk rutin membersihkan remote TV? Faktanya adalah remote TV itu paling sering dipegang oleh tangan-tangan berbeda. Ditambah lagi, alat yang satu ini tak pernah dibersihkan. Setidaknya ambillah lap basah dan bersihkan noda-noda yang menempel pada remote TV Anda.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement