Senin 19 Mar 2012 09:03 WIB

Pola Makan tidak Sehat Siap-siap Kena Diabetes

Mengukur kadar gula darah pada penderita diabetes
Mengukur kadar gula darah pada penderita diabetes

REPUBLIKA.CO.ID, Selain karena memang adanya faktor keturunan, diabetes juga bisa dipicu pola makan yang tidak sehat. Menurut Ketua Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) Pusat Prof Sidartawan Soegondo, faktor utama penyebab diabetes lebih besar disebabkan karena pola makan yang tidak sehat yakni pola makan yang tinggi karbohidrat disertai dengan konsumsi makanan tak sehat, seperti makanan siap saji yang sarat kalori, juga gerak fisik yang minim dilakukan.

Gaya hidup seperti ini mudah menimbulkan kegemukan (obesitas). Dengan berat badan berlebih, risiko seseorang terkena diabetes juga semakin meningkat.

"Setiap karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh akan dicerna dan dipecah menjadi glokosa yang dapat memicu kenaikan kadar gula darah. Untuk itu, kita perlu pandai memilih jenis karbohidrat yang dikonsumsi," jelasnya.

"Diabetes dewasa ini bukan hanya didominasi usia lanjut namun juga yang berusia muda. Penyebabnya apalagi kalau bukan gaya hidup tak sehat tadi. Kita bisa menghindarkan selama mungkin sepanjang tetap menerapkan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat dan banyak gerak," katanya.

Menurut dia diabetes tidak bisa diberantas namun bisa diminimalkan dengan berbagai upaya misalnya menerapkan pola hidup sehat seperti pengaturan pola makan dan perbanyak aktivitas seperti berolahraga, jalan kaki maupun lainnya yang dapat meningkatkan intensitas pengeluaran keringat.

"Pola hidup sehat harus menjadi kebiasaan sehari-hari. Senam tidak harus pagi hari, namun dapat dilakukan pada setiap saat. Dengan demikian kita bisa meminimalkan dari terkena diabetes," kata konsultan diabetik dan metabolik endokrin dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

Karena makanan menjadi faktor utama diabetes, untuk itu ia mengajak masyarakat untuk melaksanakan 3J, yakni jumlah, jenis dan jadwal untuk senantiasa melakukan pola makan yang sehat dan ideal.

Gerakan 3J, di antaranya menghitung jumlah kalori ideal yang harus dikonsumsi tubuh, memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi, dan mengatur jadwal makan dalam sehari.

"Jenis makanan yang ideal mengandung 45-65 persen karbohidrat, 10-20 persen protein, lemak 20-25 persen, dan vitamin dan mineral. Dengan demikian maka gula darah senantiasa terjaga untuk hidup sehat dan optimal," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement