Selasa 17 Jan 2012 01:30 WIB

Mau Berumur Panjang? Bacalah Berita Terkini

Rep: Rosita Budi Suryaningsih/ Red: Dewi Mardiani
Aksi membaca koran massal berlangsung dalam acara Jalan Sehat Republika.
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Aksi membaca koran massal berlangsung dalam acara Jalan Sehat Republika.

REPUBLIKA.CO.ID, Orang yang suka membaca berita terbaru, hidupnya akan lebih sehat, dan umurnya akan lebih panjang. Karena berdasarkan penelitian, orang yang suka membaca berita, baik dari media cetak, televisi ataupun internet, akan memiliki pola makan yang lebih sehat.

Penelitian ini menemukan hasil bahwa mereka yang paling up to date akan berita, bisa melakukan diet yang lebih sehat daripada mereka yang kurang informasi. Ini berarti media massa berkontribusi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kesehatan.

Penelitian ini mengambil contoh dari seribu orang dewasa di Italia. Penelitinya, Dr Americo Bonanni, dari Universitas di Roma, Italia, menyatakan ada korelasi antara paparan informasi dan kebiasaan makan. “Kita lihat pada kebiasaan makan mereka,” ujarnya, seperti dikutip dari Dailymail, Senin (16/1).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebanyakan orang yang mendapatkan informasi lebih cepat, yang disampaikan oleh sumber media massa yang ia baca, misalnya, bisa menunjukkan kepatuhan yang lebih tinggi pada diet dan pola makannya. “Hal ini bisa efektif untuk mengurangi risiko penyakit kronis dan neurodegenerative,” katanya.

Ia menemukan, bahwa orang yang banyak membaca berita terkini, bisa tahu informasi kesehatan lebih cepat, dan bisa melakukan diet yang lebih sehat. Orang-orang ini akan lebih banyak makan makanan bergizi, seperti buah segar yang bermanfaat mengurangi resiko obesitas, penyakit jantung, kanker, dan penyakit lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement