Wednesday, 5 Jumadil Akhir 1439 / 21 February 2018

Wednesday, 5 Jumadil Akhir 1439 / 21 February 2018

Inggris Beri Rp 40 Miliar Atasi Karhutla Indonesia-Malaysia

Rabu 14 February 2018 21:01 WIB

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Esthi Maharani

Kebakaran hutan di lereng Gunung Talang yang terletak di Solok, Sumatra Barat telah padam sepenuhnya pada Jumat (2/2) sore.

Kebakaran hutan di lereng Gunung Talang yang terletak di Solok, Sumatra Barat telah padam sepenuhnya pada Jumat (2/2) sore.

Foto: BPBD Sumbar
CGI akan memetakan lokasi yang kerap terjadi kebakaran hutan

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Badan Antariksa Inggris, melalui Program Kemitraan Internasional (International Partnership Programme IPP), mengumumkan proyek baru senilai 2 juta poundsterling atau setara Rp 40 Miliar, untuk mengatasi kebakaran hutan di Indonesia dan Malaysia. Menteri Ilmu Pengetahuan Inggris Sam Gymah mengatakan, proyek tersebut akan dijalankan oleh perusahaan Inggris, CGI.

Dengan menggunakan satelit, CGI akan melakukan observasi dan pengukuran untuk memetakan tingkat air di lahan-lahan gambut di mana kebakaran hutan kerap terjadi. Dengan memonitor tingkat air dan meningkatkan hidrologi di area tersebut, resiko kebakaran dapat dikurangi secara signifikan.

Proyek ini sendiri merupakan salah satu dari 10 proyek baru di dunia yang melibatkan sejumlah organisasi ruang angkasa Inggris. Nilai total seluruh proyek mencapai 38 juta poundsterling atau setara Rp 720 miliar.

"Program ini menggunakan keahlian badan antariksa Inggris untuk memberikan solusi inovatif terhadap isu-isu konkrit di seluruh dunia," kata Gymah, melalui siaran pers pada Republika, Rabu (14/2).

Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik menyambut gembira kerja sama tersebut. Ia optimistis proyek yang dijalankan oleh perusahaan asal Inggris dapat memberikan solusi konkret atas permasalahan kebakaran hutan yang kerap terjadi di Indonesia.

Kebakaran hutan berdampak buruk pada kesehatan dan lingkungan, serta menyebabkan ribuan kematian dini. Dengan menggunakan teknologi Inggris yang terkemuka di dunia, proyek ini tentu dapat mendukung usaha Indonesia dalam memerangi kebakaran hutan dengan biaya yang sangat efektif.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Pemprov DKI Jakarta akan Tambah Jalur Sepeda

Selasa , 20 February 2018, 20:09 WIB