Tuesday, 4 Jumadil Akhir 1439 / 20 February 2018

Tuesday, 4 Jumadil Akhir 1439 / 20 February 2018

Pertamina Resmikan 3 Kawasan Ekonomi Masyarakat di Sumbar

Kamis 08 February 2018 16:59 WIB

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Budi Raharjo

Logo Pertamina

Logo Pertamina

Foto: Pertamina.com
Program ini terbukti mampu meningkatkan pendapatan masyarakat setempat.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I membangun tiga Kawasan Ekonomi Masyarakat (KEM) yang tersebar di Sumatra Barat. Program ini hasil kerja sama dengan Forum Layanan Iptek bagi Masyarakat (FLIPMAS)

Ketiga KEM tersebut memiliki 5 program utama yaitu peternakan, pertanian, perkebunan, sulam, dan biogas, yang secara serentak diresmikan di Tikalak pada Kamis, 8 Februari 2018. Adapun ketiga KEM tersebut adalah KEM Lubuk Gadang Selatan (Lugas) yang terletak di Kabupaten Solok Selatan, KEM Argoindustri Ketaping di Kabupaten Padang Pariaman, KEM Argowisata di Kanagarian Tikalak.

Saat ini ketiga KEM tersebut memiliki penghasilan yang cukup fantastis. Untuk KEM Ketaping penghasilan bersihnya adalah Rp 12 juta per bulan, KEM Lugas memiliki penghasilan bersih mencapai Rp 19 juta per bulan. Sedang penghasilan bersih yang diperoleh KEM Tikalak setiap bulannya mencapai Rp 147 juta.

Acara ini dihadiri oleh Bupati Solok, H Gusmal, Vice President CSR Pertamina, Agus Mashud, dan ketua FLIPMAS Minangkabau, Ellyza Nurdin. Kegiatan ini merupakan perwujudan program CSR Pertamina MOR I di bidang Bina Lingkungan dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat di wilayah tersebut.

Dalam sambutannya Ketua FLIPMAS Minangkabau, Ellyza Nurdin menyatakan rasa syukurnya atas bantuan Pertamina MOR I sehingga berhasil membangun ketiga KEM itu. Program ini terbukti mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Sumbar.

"Terima kasih kami ucapkan kepada Pertamina MOR I yang telah membantu kami untuk mewujudkan Kawasan Ekonomi Masyarakat ini, sehingga dapat membantu masyarakat memperoleh penghasilan yang layak dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Ellyza.

Bupati Solok, H Gusmal, mengungkapkan kebanggaannya kepada masyarakat Sumbar yang memiliki daya juang tinggi untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya. "Kami sungguh merasa bangga terhadap antusias masyarakat yang tergabung dalam KEM, yang memiliki keinginan tinggi untuk belajar dan berusaha sehingga mampu meningkatkan kesejahteraannya," ungkap Gusmal.

Agus Mashud, Vice President CSR Pertamina berharap akan semakin banyak amsyarakat yang bisa dirangkul melalui program KEM sehingga dapat lebih banyak meningkatkan taraf hidup masyarakat di Sumbar. "Kami berterimakasih atas sikap koorperatif masyarakat Sumbar sehingga bisa menciptakan KEM yang mampu menopang hidup masyarakat banyak. Kami harap kedepanya KEM dapat merangkul lebih banyak masyarakat dan lebih bermanfaat bagi orang banyak," ucap Agus.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES