Jumat, 7 Jumadil Akhir 1439 / 23 Februari 2018

Jumat, 7 Jumadil Akhir 1439 / 23 Februari 2018

Dipuji Jokowi, Sri Mulyani Tersipu Malu

Senin 12 Februari 2018 15:46 WIB

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Teguh Firmansyah

Presiden Joko Widodo memberikan arahan dalam sidang kabinet paripurna, Senin (12/2).

Presiden Joko Widodo memberikan arahan dalam sidang kabinet paripurna, Senin (12/2).

Foto: Debbie Sutrisno.
Sri Mulyani menilai pemberian penghargaan menteri terbaik dunia jadi beban berat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tersipu malu saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara langsung menyinggung penghargaan yang didapat sebagai menteri terbaik di dunia.

 

Pujian itu disampaikan Jokowi di hadapan seluruh menteri Kabinet Kerja dan kepala lembaga sebelum membuka sidang kabinet paripurna, Senin (12/2).

"Pertama-tama, saya ingin mengucapkan selamat terlebih dahulu kepada menteri keuangan Ibu Sri Mulyani Indrawati yang mendapatkan sebuah kepercayaan menjadi menteri terbaik, satu-satunya menteri terbaik dunia," kata Jokowi

Para menteri yang hadir pun seketika tertawa sambil bertepuk tangan ketika mendengar hal tersebut. Sementara Sri Mulyani justru terlihat 'malu-malu kucing' sembari menggeleng-gelengkan kepalanya.

Suasana semakin riuh dan cair saat Jokowi memilih untuk menyalami Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu secara langsung. Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung pun lansung berdiri ketika Jokowi berjalan ke arah Sri Mulyani.

Sementara Sri Mulyani yang didatangi Jokowi menyambut salam Jokowi. Dia kemudian berjalan ke arah Wakil Presiden Jusuf Kalla dan bersalaman dengannya. Sesaat sebelum masuk ruang sidang kabinet paripurna, Sri Mulyani mengatakan ia telah diberi tahu panitia World Government Summit seminggu sebelum menerima penghargaan tersebut.

 

Baca juga, Sri Mulyani Raih Penghargaan Menteri Terbaik di Dunia.

 

"Beban berat buat saya. Tentu dari sisi kriteria, dan apa yang dicari, sepenuhnya dilakukan independen. Hasil yang disampaikan, mereka dapat dari berbagai sumber. Jadi hasil yang dari semua menteri, ada 8 menteri yang di-nominate, mereka dapat feedback dari seluruh dunia swasta, media massa, media sosial, investor, laporan laporan yang kemudian ditentukan," ujar Sri Mulyani.

Mantan Menteri Perekonomian ini secara pribadi berterimakasih kepada Presiden Joko Widodo. Sebab Jokowi lah yang telah memberikan ruang cukup besar bagi dirinya untuk berkiprah secara maksimal.

"Leadership dari bapak presiden di dalam komitmen membuat kita fokus jalankan hal hal yang fundamental. Ini hasil reform kita bersama, kebetulan nama saya yang muncul. Tentu yang bangga anak buah di Kemenkeu, tentu saya harap memberi motivasi mereka supaya APBN membaik," pungkasnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES