Sabtu, 11 Ramadhan 1439 / 26 Mei 2018

Sabtu, 11 Ramadhan 1439 / 26 Mei 2018

Menjadi Ibu Idola Ala Istri Pejabat BUMN, Ini Rahasianya

Kamis 22 Februari 2018 19:21 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Dwi Murdaningsih

Ibu rumah tangga/ilustrasi

Ibu rumah tangga/ilustrasi

Foto: stapletonion.com
Selain sebagai istri pejabat, tugas rumah tangga juga tak boleh dilupakan.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Menjadi istri pimpinan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ternyata ada tantangan tersendiri. Selain harus bisa mengambil peran sebagai seorang istri pejabat perusahaan, tugas sebagai ibu rumah tangga juga tak boleh ditinggalkan.

 

Untuk menjawab tantangan itu, Ikatan Istri Pimpinan (IIP) BUMN Sumatra Barat mengadakan seminar parenting dengan tema 'Menjadi Istri dan Ibu Idola', Kamis (22/2) di Wisma Indarung Semen Padang. Seminar ini menghadirkan Ulfatmi, dosen UIN Imam Bonjol Padang.

Dalam paparannya, Ulfatmi menjelaskan bagaimana peran seorang istri dalam mendukung suami dalam setiap aktivitasnya, termasuk dalam pekerjaan, karir, dan hubungan dengan masyarakat.

"Kita sebagai istri harus bisa menjadi idola suami. Hal itu bisa dilakukan dengan menciptakan rasa tentram dan damai, menciptakan keluarga sakinah," katanya.

Menurutnya, ketenangan suami ditentukan sekuat apa istri mendampinginya. Istri yang berkepribadian kuat yakni sebagai motivator, inspirator, dinamisator, konselor dan kekasih setia dalam mendampingi suami. Lalu bagaimana agar bisa menjadi istri yang ideal?

"Istri yang ideal memiliki iman kuat, dimana dia tahu dan mengerti apa ayng menjadi tujuan hidup. Tujuan hidup disini yakni mengharapkan ridho Allah SWT, tidak berlebihan cinta dunia," katanya.

Ditambahkannya, istri yang ideal juga memiliki hati yang jernih dan memiliki energi positif, menampilkan diri sebagai sahabat dan kekasih yang memberikan kehangatan, baik ruang atau sebagai teman bercerita.

Selain itu, lanjutnya, seorang istri juga harus bisa menjadi ratu rumah tangga dengan memperhatikan penampilan fisik, kebersihan, keindahan dan keharuman, perkataan dan bahasa tubuh, serta pintar mengelola ekonomi rumah tangga dengan tidak boros dan hidup produktif.

Sementara itu, dalam mendidik anak, seorang ibu juga harus memberikan pengertian berulang-ulang kepada anak dalam mendidiknya. "Langkah mendidik anak dengan memberikan informasi sejelas-jelasnya, memberikan pengertian berulang-ulang, dan memberikan peringatan. Jika kita akan memberikan hukuman kepada anak, beri hukuman yang mendidik dan tak merusak kepada rohani dan jasmaninya," jelasnya.

Dalam acara yang berlangsung kurang lebih 3,5 jam itu, peserta yang hadir sangat antusias dalam mengikuti seminar. Peserta yang hadir berasal dari 23 BUMN yang ada di Sumatera Barat dengan jumlah peserta 163 orang.

Ketua IIP BUMN Sumatra Barat, Risna Yosfiandri, mengungkapkan bahwa acara ini juga sebagai ajang silaturahim di antara istri-istri pimpinan BUMN yang ada di Sumatera Barat. "Saya sebagai orang baru di Sumatera Barat dalam organisasi ini juga berharap akan terjalin silaturahmi yang baik diantara BUMN yang ada di Sumatra Barat," kata dia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES