Rabu, 8 Ramadhan 1439 / 23 Mei 2018

Rabu, 8 Ramadhan 1439 / 23 Mei 2018

Semen Padang Salurkan Rp 8,2 Miliar untuk UMKM Binaan

Jumat 05 Januari 2018 16:35 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Dwi Murdaningsih

 Pengunjung melihat pameran UMKM Sumatera Barat. ilustrasi

Pengunjung melihat pameran UMKM Sumatera Barat. ilustrasi

Foto: Republika/ Wihdan

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG - Ribuan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sumatra Barat masih aktif sebagai mitra Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Padang. Catatan perusahaan, sepanjang 2017 lalu PT Semen Padang telah menyalurkan pinjaman modal usaha sebanyak Rp 8,2 miliar kepada 327 UMKM mitra binaan. Seluruh angka tersebut tersebar tak hanya Kota Padang, namun juga 19 kabupaten/kota di Sumatra Barat.

Angka UMKM yang dijangkau Semen Padang pada 2017 lalu menambah ribuan UMKM yang sudah terbantu Semen Padang sejak program CSR bergulir pada 1987 lalu. Kepala Biro CSR PT Semen Padang Muhammad Ikrar menyebutkan, hingga saat ini terdata sebanyak 1.678 UMKM yang masih aktif menjadi mitra binaan CSR Semen Padang.

 

Tak hanya sekadar menyalurkan bantuan modal, CSR Semen Padang juga rutin memberikan pembinaan dan pengawasan terhadap seluruh UMKM mitra binaan yang ada.

 

"Bahkan untuk 2017 lalu total anggaran yang dikeluarkan CSR dalam melakukan pembinaan terhadap UMKM mitra binaan, mencapai Rp 900 juta. Pembinaan yang dilakukan CSR, diantaranya melalui berbagai pelatihan," kata Ikrar di kantor Semen Padang Indarung, Jumat (5/1).

 

Bila pemberian modal dan pembinaan sudah dilakukan, maka pekerjaan rumah bagi Semen Padang selanjutnya adalah penyediaan akses pasar. Hal ini dijawab Semen Padang dengan memberikan peluang UMKM untuk mengikuti berbagai kegiatan promosi. Di antaranya, melalui pameran tingkat nasional maupun lokal.

 

"Selama 2017 ini, berbagai pameran yang diikuti mitra binaan di antaranya Pekanbaru Expo, Batam Expo, Sumbar Expo, Pariaman Expo dan Padang Expo. Semua pameran yang diikuti mitra binaan itu difasilitasi CSR, termasuk menanggung biaya selama mengikuti pameran," katanya.

 

Pemasaran di level lokal juga difasilitasi perusahaan melalui Gallery Balanjo Oleh-oleh Khas Sumatera Barat yang berada di Jalan Pemuda Kota Padang. Di sana, terdapat ratusan produk dari puluhan mitra binaan yang dijual. Namun, lanjut Ikrar, tak semua produk UMKM mitra binaan yang bisa dipasarkan di Gallery Balanjo. Produk-produk yang dijual di sana harus memenuhi standar baku terutama untuk kualitas produk, kemasan, dan kesehatan. Pemasaran di Gallery Balanjo juga bisa dilakukan secara daring, di situs gallerybalanjo.com.

 

"Seluruh produk mitra binaan yang dijual di Gallery Balanjo Oleh-oleh Khas Sumatra Barat Jalan Pemuda, dapat dipesan melalui website gallerybalanjo.com," ujarnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES