Sabtu, 5 Sya'ban 1439 / 21 April 2018

Sabtu, 5 Sya'ban 1439 / 21 April 2018

Masyarakat KSB Panakukkang Tanggap Kondisi Darurat

Senin 16 April 2018 18:29 WIB

Red: Gita Amanda

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang mengunjungi masyarakat Kampung Siaga Bencana (KSB) Dusun Parangmalengu, Desa Panakukkang, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang mengunjungi masyarakat Kampung Siaga Bencana (KSB) Dusun Parangmalengu, Desa Panakukkang, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan.

Foto: DPR RI
Kesiapsiagaan masyarakat itu bisa meminimalisir korban jiwa atau harta benda.

REPUBLIKA.CO.ID, PANAKUKKANG -- Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang menilai masyarakat Kampung Siaga Bencana (KSB) Dusun Parangmalengu, Desa Panakukkang, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan tanggap terhadap kondisi darurat. Masyarakat KSB Panakukkang dalam keadaan darurat dinilai bisa menyelamatkan diri, tetangga, dan lingkungannya.

“Di Desa Panakukkang ada yang spesifik, ada semacam kearifan lokal bahwa kesiapsiagaan masyarakat itu bisa meminimalisir korban jiwa atau korban harta, benda, dan lain-lain,” jelasnya di sela-sela memimpin Tim Kunjungan Kerja Komisi VIII DPR RI meninjau KSB Desa Panakukkang, Palangga, Gowa, Sulawesi Selatan, Kamis (12/4) lalu.

Komisi VIII, kata politikus PKB ini, sudah empat kali melakukan kunjungan kerja ke KSB di Gowa ini terkait bencana. “Kami hadir di sini ingin mengevaluasi program pemerintah kira-kira keluhan masyarakat apa, dan bagaimana keluhan para Taruna Siaga Bencana (Tagana),” terang Marwan seperti dalam siaran persnya.

Menurutnya, letak geografis Indonesia memang rawan bencana. Bisa gempa,  banjir, longsor dan lain-lain. Tidak sedikit dari bencana itu menelan korban, harta,  maupun benda.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, kehadiran Komisi VIII di Panakukkang ini selain untuk melihat kesiapsiagaan masyarakatnya yang selalu menerima bencana banjir setiap tahun, juga untuk menyalurkan bantuan dari Kementerian Sosial RI.

Bantuan terdiri dari bantuan logistik KSB senilai Rp 42.918.750. Kemudian bantuan logistik dari Dinas Sosial Kabupaten Gowa senilai Rp 50.463.658, bantuan pakaian PDH untuk Tagana di Universitas Islam Nasional dan penyerahan secara simbolis Truk Serbaguna dari Kemensos kepada Dinas Sosial Kabupaten Gowa.

Diakhir kunjungan tersebut Marwan yang didampingi Anggota Komisi VIII DPR RI Itet Trudjajati Sunarijanto (F-PDI Perjuangan), Budiman Sudjatmiko (F-PDI Perjuangan), Samsu Niang (F-PDI Perjuangan), Syofwatillah Mohzaib (F-PD), Lilis Santika (F-PKB), Ei Nurul Khotimah (F-PKS), dan Acmad Fauzan Harun (F-PPP) ini, menyaksikan simulasi penanganan banjir yang diperagakan warga Dusun Parangmalengu bersama Tagana. Kunjungan Kerja Komisi VIII ini didampingi Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulsel Andi Ilham Ghazali dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa Syamsuddin.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA