Ketua DPR Lepas Rombongan Mudik

Selasa , 20 Jun 2017, 20:00 WIB
 Warga mengikuti Mudik Bareng Guyub Rukun BUMN di TMII,Jakarta, Senin (19/6).
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Warga mengikuti Mudik Bareng Guyub Rukun BUMN di TMII,Jakarta, Senin (19/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR RI Setya Novanyo melepas rombongan mudik gratis yang diselenggarakan DPP Partai Golkar. Acara diselenggarakan di halaman kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Selasa (20/6)

DPP Partai Golkar memberangkatkan 1.795 pemudik menggunakan 31 Jet Bus dengan tujuan Jawa, Sumatra. Rombongan pemudik rencananya kembali ke Jakarta pada tanggal 2 Juli menggunakan bus yang sama.

Sebelum memberangkatkan pemudik, Partai Golkar melalui Fraksi Partai Golkar DPR RI telah menyalurkan 25.000 paket sembako yang didistribusikan menggunakan 50 truk, disalurkan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan.

"Saya mengapresiasi kegiatan seperti ini. Mudik sudah menjadi bagian dari kebudayaan bangsa kita. Berkumpul dengan sanak famili di kampung halaman, merekatkan silaturahim," kata Novanto.

Dia berharap akan banyak pihak-pihak yang berpartisipasi menyelenggarakan mudik gratis. Baik dari partai politik maupun perusahaan dan kalangan lainnya. Menurut dia, semakin banyak yang menyelenggarakan mudik bersama, semakin banyak yang terbantu. "Karena hikmah terbesar Ramadhan adalah terbentuknya solidaritas kebersamaan sebagai sebuah bangsa," kata dia.

Seiring pemerataan ekonomi dan terbukanya lapangan pekerjaan di berbagai daerah, dia berharap para pemudik yang akan kembali ke Jakarta tidak membawa saudara atau kerabatnya. Menurut dia, lapangan pekerjaan di berbagai derah kini sudah terbuka luas. Tak perlu berkarir di Ibu Kota, membangun daerah juga merupakan pekerjaan yang mulia.