BUMDes Hidupkan Perekonomian Desa

Kamis , 23 Mar 2017, 16:59 WIB
Anggota Komisi VI DPR RI Endang Srikarti Handayani.
Foto: dpr
Anggota Komisi VI DPR RI Endang Srikarti Handayani.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dinilai sangat strategis untuk menghidupkan perekonomian desa. Anggota Komisi VI DPR RI Endang Srikarti Handayani mengatakan ekonomi kreatif juga tumbuh membaik, menggeliatkan aktivitas ekonomi desa. Masyarakat desa pun niscaya menjadi sejahtera dan makmur.

“BUMDes akan menyulam kreatifitas ekonomi desa, supaya desa itu bisa mandiri dan makmur. Seluruh desa juga bisa menyulap desanya menjadi desa wisata. Banyak sekali kreativitas yang mampu meningkatkan perekonomian desa,” ujar Endang, dalam acara diskusi 'Senergi Kekaryaan Lintas Sektor untuk Mewujudkan Gerakan Desa Dasa Karyadi', Kamis (23/3).

Ini Upaya DPR-Pemerintah Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Menurut Endang, kendala membangun ekonomi desa, memang, selalu ada. Namun, seiring berjalannya waktu dan pengalaman mengelola perekonomian, kendala di lapangan akan bisa diatasi dengan sendirinya.

Ia mengimbau agar seluruh desa di Tanah Air mengembangkan BUMDes-nya masing-masing. BUMDes ini, lanjut politisi Golkar tersebut, bisa bekerja sama dengan para petani setempat untuk mengakomodir hasil-hasil pertanian. Dengan begitu, semua warga desa saling mengisi dan memakmurkan.

Untuk lebih meningkatkan ekonomi, desa juga bisa disulap menjadi desa wisata. Rumah-rumah tinggal dibuat menjadi hotel atau penginap yang bisa mengundang wisatawan masuk desa. Pendapatan masyarakat desa juga kelak terus meningkat.