Selasa 06 Feb 2018 14:08 WIB

DPD: Gerakan Indonesia Emas 2045 Solusi Permasalahan Bangsa

Gerakan Indonesia Emas 2045 menjadikan momentum Indonesia menjadi negara maju.

Rep: Fergi Nadira B/Zahrotul Oktaviani/ Red: Gita Amanda
 Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Darmayanti Lubis.
Foto: DPD RI
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Darmayanti Lubis.

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Darmayanti Lubis mencanangkan Gerakan Nasional bernama Gerakan Indonesia Emas 2045. Diperkirakan, pada tahun 2045 Indonesia akan mendapatkan bonus demografi dengan jumlah penduduk Indonesia usia muda lebih banyak dibandingkan dengan usia tua.

"Dari situ, kita semua mempunyai tanggung jawab untuk memersiapkan anak remaja dan pemuda sebagai Sumber Daya Manusia agar menjadi generasi unggul yang berkarakter," ujar Darmayanti melalui siaran tertulis yang diterima Republika.co.id, Selasa (6/2).

Di tahun 2010-2045 Indonesia memasuki periode bonus demografi sehingga Indonesia berpeluang menjadi negara yang kuat. Bahkan, menurutnya, Indonesia menjadi salah satu negara maju di Asia Tenggara pada semua sektor. Semua itu harus di dukung sumber daya alam dan sumber daya manusia yang memiliki keunggulan dan karakter bangsa.

Darmayanti mengatakan, program Gerakan Indonesia Emas 2045 juga menjadikan momentum Indonesia menjadi negara maju. Untuk itu ia mengajak seluruh masyarakat memersiapkan diri dan bersinergi agar gerakan ini menjadi gerakan nasional.

"Dunia saat ini telah berubah seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi yang tanpa disadari mengubah cara pandang, gaya hidup dan merubah peradaban," ujarnya.

Ia menyontohkan kekerasan maupun pelanggaran terhadap hak anak cenderung meningkat. Bahkan, berita tentang penganiayaan dan kekerasan seksual yang dilakukan oleh keluarga dekat selalu terdengar setiap saat.

Tak hanya itu, lanjut Darmayanti, fenomena kejahatan di dunia maya pun saat ini sangat memprihatinkan. Oleh karenanya, pencanangan Gerakan Indonesia Emas 2045 merupakan salah satu solusi dalam menjawab tantangan dan permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement