Kamis 25 Jan 2018 00:31 WIB

Fahira Idris: BOPI Diharapkan Lebih Berperan

BOPI diharapkan juga mensupport klub olah raga agar konsisten membina atlet.

Rep: Ali Mansur/ Red: Gita Amanda
Wakil Ketua Komite III DPD RI Fahira Idris.
Foto: Dok Humas DPD RI
Wakil Ketua Komite III DPD RI Fahira Idris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komite III Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Fahira Idris, menyampaikan hasil Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) menghasilkan kesimpulan yang menginginkan agar ada peningkatan peran Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) dalam rangka melahirkan atlet profesional. Ia mendorong pemerintah menambah anggaran di bidang olah raga.

Hal itu disampaikan saat Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Ketua Umum BOPI dan Ketua Asosiasi Profesor Keolahragaan Indonesia (Apkori) Profesor Djoko Pekik Irianto di Ruang Rapat Komite III DPD RI, Rabu (24/1). BOPI diharapkan juga mensupport klub olahraga agar konsisten mengawasi, mengembangkan dan membina atlet profesional. 

"Serta turut mengawasi penyelenggaraan kompetisi olahraga yang fair dan sesuai regulasi," kata Fahira, dalam keterangan tertulisnya.

Fahira menambahkan, pihaknya juga menyepakati tentang perlunya penguatan untuk olah raga pendidikan maupun olah raga berprestasi serta olah raga profesional. Yaitu dengan berbasis pada pembinaan sumber daya manusia berbasis kompetensi, jumlah pelatih dan kesejahteraan, dukungan sarana prasarana olahraga yang memadai serta membangun kesadaran masyarakat terhadap olahraga.

Menurut senator asal DKI Jakarta itu, hasil rekomendasi Komite III ini muncul karena mereka menilai pembangunan keolahragaan nasional sekarang ini masih belum optimal. "Khususnya dari sudut kelembagaan, supporting dan strategi," ujarnya.
 
Dalam kesempatan ini, Fahira juga menyampaikan bahwa pembangunan olah raga sesungguhnya tidak semata membangun arena olah raga yang layak dan menciptakan atlet-atlet olah raga sebagaimana pandangan sebagian besar masyarakat kita terhadap pembangunan olahr aga. Namun, lebih dari itu pembangunan olah raga yang merupakan bagian dari pembangunan nasional.
 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement