Senin 31 Jan 2011 19:08 WIB

Serbu Mapolsek, Warga Aniaya Dua Tahanan Hingga Tewas

Rep: Maspriel Aries/ Red: Johar Arif

REPUBLIKA.CO.ID,PALEMBANG -- Aksi kekerasan warga terjadi di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan (Sumsel). Senin (31/1) dini hari sekitar pukul 02.30 WIB, ratusan warga dengan menggunakan empat unit truk mendatangi markas Polsek Sungai Lilin (105 km dari Palembang). Selain merusak kantor Polsek, warga menganiaya dua orang tahanan sampai tewas.

Kepala Bidang Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Sabarudin Ginting, Senin (31/1) kepada wartawan mengatakan ada sekitar 300 warga mendatangi mapolsek dan menganiaya dua tahanan hingga tewas, yakni kakak-beradik, Kailani bin Mat Alis, 35 tahun, dan Kairani bin Mat Alis, 37 tahun. Keduanya, warga Trans C -2 Desa Berlian Makmur, terlibat kasus perampokan yang juga dikenal sebagai residivis yang kerap meresahkan warga.

Ia mengatakan polisi sudah memeriksa belasan orang, di antaranya otak penyerangan dan penganiayan terhadap dua tahanan. Sejauh ini tujuh tersangka telah ditetapkan, yang diduga memprovokasi dan menggerakkan warga.

Saat penyerangan terjadi, ratusan warga langsung masuk ke dalam halaman Polsek dan mendorong petugas jaga. Mereka lalu membongkar paksa gembok sel tahanan dan mengeluarkan dua tahanan. Keduanya dianiaya beramai-ramai menggunakan senjata tajam dan benda tumpul.

Aparat berusaha mencegah tindakan warga. Bahkan Kanit Reskrim polsek sempat memberikan tembakan peringatan, namun tak digubris.

Setelah kedua korbannya tak bergerak, warga pun meninggalkan lokasi. Anggota Polsek Sungai Lilin lalu membawa kedua tahanan yang sudah tewas ke RSUD Sekayu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement