Sabtu 06 Nov 2010 01:47 WIB
Gunung Dieng

Letusan Gunung Merapi tak Pengaruhi Aktivitas Dieng

Aktivitas Merapi mengalami peningkatan sepanjang hari Rabu (3/11)
Foto: antara
Aktivitas Merapi mengalami peningkatan sepanjang hari Rabu (3/11)

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARNEGARA--Aktivitas gunung berapi di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, tidak terpengaruh letusan Gunung Merapi. Dieng pun statusnya tetap aktif normal.

"Sejumlah gunung berapi memang mengalami peningkatan status menyusul terjadinya letusan Gunung Merapi. Namun hal itu tidak berpengaruh terhadap Gunung Dieng," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Dieng, Tunut Pujianto, Jumat (5/11).

Kendati demikian, Tunut mengatakan, pemantauan terhadap Gunung Dieng tetap dilakukan meskipun kondisinya masih normal.Menurut dia, hal itu dilakukan lantaran Gunung Dieng merupakan gunung api aktif tipe A. "Kondisi Dataran Tinggi Dieng masih sangat aman bagi wisatawan. Hanya saja kami mengimbau wisatawan untuk berhati-hati terutama yang mengunjungi kawasan Kawah Sikidang," katanya.

Menurut Tunut, letupan-letupan kecil masih sering terjadi di Kawah Sikidang maupun kawah lainnya meskipun dalam kondisi normal.

Akan tetapi, kata dia, wisatawan tidak perlu takut untuk datang ke Dieng karena letupan yang merupakan fenomena alam tersebut menjadi daya tarik tersendiri di dataran tinggi ini. "Selain itu, hingga kini tidak ada peningkatan konsentrasi gas beracun di Kawah Sinila maupun kawah lainnya," jelasnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement